Biden Diminta Tak Hukum India Meski Beli Sistem Rudal S-400 Rusia

Kamis, 28 Oktober 2021 - 12:48 WIB
loading...
A A A
Ini bukan seruan pertama untuk pengabaian sanksi bagi India. Di bawah pemerintahan Donald Trump, Menteri Pertahanan saat itu Jim Mattis dan Menteri Luar Negeri saat itu Rex Tillerson memperdebatkannya.

Cornyn dan Warner, ketua bersama dari Kaukus India, mengatakan mereka umumnya mendukung undang-undang sanksi tersebut, tetapi tidak dalam kasus ini.

“Kami percaya bahwa penerapan sanksi CAATSA dapat memiliki efek merusak pada kemitraan strategis dengan India, sementara pada saat yang sama, tidak mencapai tujuan yang dimaksudkan untuk menghalangi penjualan senjata Rusia,” lanjut surat mereka.

Menurut mereka, dari 2016 hingga 2020, India memangkas impor senjata dari Rusia sebesar 53 persen dibandingkan dengan periode lima tahun sebelumnya. Negara itu juga setuju pada tahun 2020 untuk membeli peralatan militer AS senilai USD3,4 miliar.

“Kami juga mengusulkan agar pemerintahan Anda membentuk kelompok kerja bilateral untuk mengidentifikasi cara-cara untuk mempromosikan keamanan teknologi AS, dan untuk memetakan jalan ke depan untuk mengembangkan strategi untuk meningkatkan interoperabilitas militer AS-India,” tulis para Senator Amerika.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)