Fakta Baru Baku Tembak di Istana Presiden, Tokoh Moderat Taliban Baradar Tersingkir

loading...
Fakta Baru Baku Tembak di Istana Presiden, Tokoh Moderat Taliban Baradar Tersingkir
Mullah Abdul Ghani Baradar muncul dalam tayangan televisi terbaru di Kandahar, Afghanistan, pada 15 September 2021. Foto/RTA Kandahar/REUTERS
KABUL - Tokoh yang diharapkan Amerika Serikat (AS) dan sekutu Barat akan menjadi suara moderat dalam pemerintahan Taliban Afghanistan telah disingkirkan setelah baku tembak dramatis di istana presiden di Kabul.

Fakta terbaru itu diungkapkan sejumlah orang yang mengetahui masalah tersebut dalam laporan yang dirilis Sabtu (18/9/2021) oleh Alarabiya dan Bloomberg.

Mullah Abdul Ghani Baradar adalah wajah tokoh Taliban paling dikenal yang memimpin pembicaraan damai dengan AS.

Baca juga: Putin Tegaskan Rusia Perlu Bekerja Sama dengan Taliban



“Baradar diserang secara fisik oleh seorang pemimpin Jaringan Haqqani pada awal September selama pembicaraan di istana mengenai pembentukan kabinet,” papar sumber tersebut yang meminta tidak disebut namanya terkait insiden itu.

Baca juga: Utusan Khusus PBB Temui Mendagri Taliban yang Jadi Buruan AS

“Baradar telah mendorong kabinet inklusif yang mencakup para pemimpin non-Taliban dan etnis minoritas, yang akan lebih dapat diterima seluruh dunia,” ujar sejumlah sumber.

Baca juga: Taliban Buru Jaksa Wanita yang Ungkap Anak-anak Dipaksa Tanam Bom

“Pada satu titik selama pertemuan, Khalil ul Rahman Haqqani bangkit dari kursinya dan mulai meninju pemimpin Taliban,” ungkap sumber tersebut.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top