Biden Didesak Ungkap Dokumen Dugaan Pemimpin Saudi Dukung Serangan 9/11

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:05 WIB
loading...
Biden Didesak Ungkap Dokumen Dugaan Pemimpin Saudi Dukung Serangan 9/11
Orang-orang menonton pesawat yang dibajak menabrak gedung WTC di New York, Amerika Serikat, pada 11 September 2001. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Para anggota keluarga korban serangan teroris 11 September 2001 atau 9/11 menentang partisipasi Presiden Joe Biden dalam acara peringatan bulan depan. Mereka membolehkan Biden ikut acara jika mendeklasifikasi dokumen pemerintah yangdiduga menunjukkan para pemimpin Arab Saudi mendukung serangan tersebut.

Anggota keluarga para korban, bergabung dengan responden pertama dan yang selamat dari serangan 11 September 2001, merilis sebuah surat pada hari Jumat ketika peringatan 20 tahun acara tersebut semakin dekat. Mereka mendesak Presiden AS untuk melewatkan acara peringatan tahun ini kecuali dia merilis dokumen.

“Dua puluh tahun kemudian, tidak ada alasan—klaim ‘keamanan nasional’ yang tidak pantas atau sebaliknya—untuk merahasiakan informasi ini,” bunyi surat mereka.

"Tetapi jika Presiden Biden mengingkari komitmennya dan berpihak pada pemerintah Saudi, kami akan dipaksa untuk secara terbuka menentang partisipasi apa pun oleh pemerintahannya dalam upacara peringatan 9/11," lanjut mereka, seperti dikutip Reuters, Sabtu (7/8/2021).

Sekitar 1.700 orang yang terkena dampak langsung serangan 9/11 menandatangani surat tersebut.

Kedutaan Arab Saudi di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Anggota keluarga korban serangan 9/11 telah lama mencari dokumen pemerintah AS terkait apakah Arab Saudi membantu atau membiayai salah satu dari 19 orang yang terkait dengan al-Qaeda yang menabrakkan pesawat penumpang ke gedung World Trade Center (WTC) New York, gedung Pentagon di luar Washington dan lapangan Pennsylvania. Hampir 3.000 orang meninggal dalam serangan teroris tersebut.

Sebanyak 15 dari 19 pembajak pesawat berasal dari Arab Saudi. Sebuah komisi pemerintah AS tidak menemukan bukti bahwa Arab Saudi secara langsung mendanai al-Qaeda.



Arab Saudi dituntut miliaran dollar AS oleh keluarga sekitar 2.500 dari mereka yang tewas, dan oleh lebih dari 20.000 orang yang menderita luka-luka, bisnis dan berbagai perusahaan asuransi.

Sementara itu, mantan pejabat Arab Saudi ditanyai tentang dugaan hubungan mereka dengan serangan 9/11 dalam deposisi pengadilan pada bulan Juni oleh pengacara yang bertindak untuk keluarga para korban, yang memandang langkah itu sebagai terobosan dalam upaya untuk membuktikan hubungan antara Riyadh dan para pembajak pesawat.

Keluarga korban ingin membuktikan bahwa warga negara Arab Saudi membantu mendukung dua pembajak pesawat; Khalid al-Mihdhar dan Nawaf al-Hazmi, di California selatan pada bulan-bulan menjelang serangan 9/11—dan dukungan itu dikoordinasikan oleh seorang diplomat di Kedutaan Arab Saudi di Washington.

Mereka ingin pemerintah AS merilis hasil penyelidikan, dengan nama sandi Operation Encore, terkait dugaan keterlibatan Arab Saudi dalam serangan itu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)