Pasukan Afghanistan Hancurkan Taliban di Dekat Perbatasan Tajikistan

Selasa, 27 Juli 2021 - 22:33 WIB
loading...
A A A
Kelemahannya adalah jumlah mereka yang relatif kecil, dengan sekitar 21.000 komando beroperasi di bawah Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Afghanistan, sementara angkatan bersenjata secara keseluruhan berjumlah sekitar 186.000 tentara.



“Distrik Kaldar di provinsi Balkh dibebaskan dari teroris Taliban. Akibatnya, distrik tersebut telah dibersihkan dari teroris Taliban,” tweet Komando Operasi Khusus Afghanistan, ANA.

Sebelumnya, Taliban mengklaim telah menembak jatuh helikopter militer Afghanistan di distrik Nade-e-Ali di provinsi Helmand, dan telah menduduki pusat distrik, menangkap kepala polisi setempat, dan menyita persediaan senjata. Sumber militer mengatakan kepada media lokal bahwa helikopter melakukan pendaratan darurat setelah operasi anti-Taliban, dengan helikopter rusak tidak dapat diperbaiki tetapi penumpangnya dievakuasi dengan aman.

Pada hari Senin, Misi Bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afghanistan menyatakan kekhawatiran bahwa jumlah warga sipil yang menjadi korban konflik antara pemerintah Kabul dan Taliban meningkat pada titik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Badan yang sama juga melaporkan bahwa jumlah warga sipil yang tewas dan luka-luka pada paruh pertama tahun 2021 mencapai "tingkat rekor." Sekitar 1.649 warga sipil dikatakan telah tewas dan 3.254 lainnya terluka selama periode ini.

Baku tembak, alat peledak improvisasi, pembunuhan yang ditargetkan oleh Taliban dan serangan udara dikatakan telah menyebabkan sebagian besar korban. PBB memohon kedua belah pihak untuk memperhatikan lintasan konflik yang suram dan mengerikan serta dampaknya yang menghancurkan terhadap warga sipil, untuk menghentikan pertempuran Afghanistan melawan Afghanistan dan mengintensifkan negosiasi.

Pasukan Amerika Serikat (AS) dan koalisi memulai penarikan Afghanistan pada Mei, setelah batas waktu yang ditetapkan oleh pemerintahan Trump dalam pembicaraan damai AS-Taliban pada Februari 2020 telah berakhir. Presiden Joe Biden berjanji untuk mengeluarkan semua pasukan AS dari negara itu pada bulan September dan peringatan 20 tahun serangan teror 11 September yang menjadi dalih untuk invasi AS ke Afghanistan pada tahun 2001. Bulan lalu, Pentagon mengatakan pasukan yang dikerahkan ke Afghanistan akan keluar pada akhir Agustus.



Di tengah meningkatnya kekerasan yang menyertai penarikan mereka, Pentagon telah mengancam akan meningkatkan serangan udara terhadap Taliban jika melanjutkan serangannya terhadap pasukan pemerintah.

Pekan lalu, Ketua Kepala Gabungan Mark Milley melaporkan bahwa pemerintah Afghanistan terus mempertahankan kendali atas 34 ibu kota provinsi Afghanistan, tetapi sekitar setengah dari pusat distrik negara itu sekarang berada di bawah pendudukan Taliban.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2218 seconds (0.1#10.140)