Taiwan Bakal Uji Rudal Patriot III di AS untuk Simulasi Serangan China

Sabtu, 24 Juli 2021 - 13:36 WIB
loading...
Taiwan Bakal Uji Rudal Patriot III di AS untuk Simulasi Serangan China
Sistem rudal Patriot III buatan Amerika Serikat. Foto/US Army
A A A
TAIPEI - Militer Taiwan akan segera menguji coba rudal Patriot III di White Sands Missile Range Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) di New Mexico.

Pejabat militer setempat, seperti dikutip Liberty Times, Sabtu (24/7/2021), mengatakan bahwa drone yang jadi target pertama akan diluncurkan untuk mensimulasikan rudal jarak menengah China, sebelum Taiwan menembakkan dua rudal Patriot III untuk mencegatnya.



Jika salah satu dari rudal itu tidak dapat mencapai target, rudal lain akan segera ditembakkan.

Para pejabat di Taipei mengatakan uji verifikasi tembakan langsung dari rudal Patriot III oleh Taiwan dilakukan setiap dua tahun, dan itu hanya dapat dilakukan di AS karena masalah keamanan.

Lantaran alasan itulah, Taiwan selalu mengirimkan tim ke White Sands untuk melakukan latihan.

Para pejabat tersebut mengatakan bahwa selain 40 tim operasi rudal, sebuah gugus tugas juga akan dikirim ke New Mexico untuk melakukan inspeksi di tempat.

Taiwan telah menghabiskan NTD179,14 miliar (USD6,38 miliar) untuk membeli enam sistem rudal Patriot III dan meng-upgrade tiga sistem Patriot II yang ada ke varian saat ini.



Taiwan dan Jepang merupakan pihak yang melakukan uji coba rudal di AS, bukan di wilayah mereka sendiri.

Taiwan sudah puluhan tahun memerintah sendiri secara demokratis. Namun, Beijing yang berpaham komunis masih menganggap pulau itu bagian dari China dan bersumpah akan menundukannya termasuk dengan serangan militer jika perlu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)