Jejak Istri Cantik El Chapo: dari Ratu Kecantikan Menjadi Ratu Narkoba

Selasa, 23 Februari 2021 - 12:33 WIB
loading...
A A A
Wanita itu diduga bekerja dengan putra El Chapo dan seorang saksi—yang sekarang bekerja sama dengan FBI—, untuk mengatur pembangunan milelong, jalan berlampu.

Plot tersebut melibatkan pembelian sebidang tanah di dekat penjara, membeli senjata api dan truk lapis baja, dan menyelundupkan jam tangan GPS ke Guzman. ”Sehingga mereka dapat menunjukkan lokasinya untuk membangun terowongan dengan titik masuk yang dapat diaksesnya,” bunyi dokumen pengadilan, seperti dikutip New York Post, Selasa (23/2/2021).

Ada kesaksian selama persidangan El Chapo bahwa istrinya terlibat dalam kegiatan kartel narkoba dan telah membantu pelariannya dari pejara Meksiko.

Mantan anggota Kartel Sinaloa, Damaso Lopez Nunez, mengatakan kepada pengadilan bahwa Aispuro secara pribadi telah mengatakan kepadanya; “Guzman (El Chapo) sedang berpikir untuk mengambil risiko melarikan diri lagi dari penjara dan bertanya-tanya apakah saya bisa membantu dengan itu."

"Saya berkata yakin," kata Lopez yang bersaksi pada saat itu.



Aispuro pernah duduk dengan tenang menjalani persidangan blockbuster—terkadang mengenakan pakaian yang serasi dengan suaminya—bahkan memberikan kesaksian tentang selingkuhan suaminya dan bagaimana sang suami memata-matai ponselnya.

Sumber penegak hukum federal sebelumnya mengatakan kepada New York Post pada 2019 bahwa FBI sedang menyelidiki Aispuro, yang juga dikenal sebagai "La Reinita" atau ratu kecil.

Wanita berkaki panjang berambut cokelat ini adalah mantan ratu kecantikan remaja dan ibu dari putri kembar Guzman. Dia muncul di acara realitas televisi VH1 "Cartel Crew" pada November 2019.

Dia ditangkap di Bandara Internasional Dulles di Virginia hari Senin dan diatur untuk tampil melalui konferensi video di hadapan hakim di Washington DC pada hari Selasa (23/2/2021).Hingga kini belum jelas apakah dia memiliki pengacara yang dapat mengomentari tuduhan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)