Jejak Istri Cantik El Chapo: dari Ratu Kecantikan Menjadi Ratu Narkoba

loading...
Ketika El Chapo ditangkap di Meksiko pada Februari 2014, Aispuro diduga terus menyampaikan pesan yang dia dapatkan darinya selama kunjungan penjara.

Menurut FBI, wanita itu juga membantu dalam dua plot untuk membantu Guzman melarikan diri dari penjara Meksiko—termasuk pembobolan penjara tahun 2015 yang terkenal melalui terowongan bawah tanah.

Surat-surat pengadilan menuduh bahwa Aispuro memainkan peran kunci dalam pelarian El Chapo yang berani—rencana berbulan-bulan yang rumit untuk menggali ke dalam sel Guzman dan membawanya pergi melalui terowongan dengan sepeda motor.

Wanita itu diduga bekerja dengan putra El Chapo dan seorang saksi—yang sekarang bekerja sama dengan FBI—, untuk mengatur pembangunan milelong, jalan berlampu.

Plot tersebut melibatkan pembelian sebidang tanah di dekat penjara, membeli senjata api dan truk lapis baja, dan menyelundupkan jam tangan GPS ke Guzman. ”Sehingga mereka dapat menunjukkan lokasinya untuk membangun terowongan dengan titik masuk yang dapat diaksesnya,” bunyi dokumen pengadilan, seperti dikutip New York Post, Selasa (23/2/2021).

Ada kesaksian selama persidangan El Chapo bahwa istrinya terlibat dalam kegiatan kartel narkoba dan telah membantu pelariannya dari pejara Meksiko.

Mantan anggota Kartel Sinaloa, Damaso Lopez Nunez, mengatakan kepada pengadilan bahwa Aispuro secara pribadi telah mengatakan kepadanya; “Guzman (El Chapo) sedang berpikir untuk mengambil risiko melarikan diri lagi dari penjara dan bertanya-tanya apakah saya bisa membantu dengan itu."

"Saya berkata yakin," kata Lopez yang bersaksi pada saat itu.

Baca juga: Rekaman Bocor Lagi, Wapres Gila Seks Ini Undang Selingkuhan ke Hotel

Aispuro pernah duduk dengan tenang menjalani persidangan blockbuster—terkadang mengenakan pakaian yang serasi dengan suaminya—bahkan memberikan kesaksian tentang selingkuhan suaminya dan bagaimana sang suami memata-matai ponselnya.
halaman ke-2 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top