Jejak Istri Cantik El Chapo: dari Ratu Kecantikan Menjadi Ratu Narkoba

loading...
Jejak Istri Cantik El Chapo: dari Ratu Kecantikan Menjadi Ratu Narkoba
Emma Coronel Aispuro, 31, mantan ratu kecantikan remaja Amerika yang juga istri pemimpin Kartel Sinaloa Guzman Joaquin alias El Chapo. Foto/Rashid Umar Abbasi/New York Post
WASHINGTON - Emma Coronel Aispuro , 31, istri cantik pemimpin kartel narkoba Meksiko; Guzman Joaquin alias El Chapo , ditangkap di Virginia, Amerika Serikat (AS), hari Senin.

Mantan ratu kecantikan Amerika ini dituduh berpartisipasi dalam konspirasi untuk mendistribusikan kokain, metamfetamin, heroin, dan mariyuana untuk diimpor ke AS.

El Chapo adalah pemimpin Kartel Sinaloa, kelompok geng narkoba terbesar dan paling kejam di Meksiko. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada Juli 2019.

Baca juga: Istri Cantik Bos Narkoba El Chapo Ditangkap di Virginia



Selain dituduh jadi "ratu" untuk distribusi narkoba skala besar, Aispuro juga pernah dituduh melakukan perencanaan untuk membantu suaminya melarikan diri dari penjara Altiplano di Meksiko. Aksi kabur El Chapo pada 11 Juli 2015 itu terkenal rumit karena dia melarikan diri dari terowongan besar di bawah penjara.

Aispuro, wanita berkewarganegaraan ganda AS-Meksiko menikah dengan El Chapo pada tahun 2007. Wanita itu adalah pendukung dalam persidangan sang suami di Brooklyn dua tahun lalu, meski akhirnya El Chapo tetap divonis penjara seumur hidup.

Jaksa AS menuduh bahwa Aispuro tidak hanya menyadari perannya sebagai pemimpin kartel Sinaloa yang kejam, tetapi dia juga bertindak sebagai perantara untuk membantu operasi perdagangan narkoba.



Menurut pernyataan tertulis tentang penangkapannya yang dikeluarkan Departemen Kehakiman AS, antara 2012 hingga 2014,ketika Guzman, yang sekarang berusia 63 tahun, bersembunyi dari otoritas Meksiko, istrinya diduga "menyampaikan pesan" atas namanya "untuk kelanjutan kegiatan perdagangan narkoba."

Baca juga: Media Rusia Putar Rekaman Legenda Mossad Eli Cohen Keluyuran di Damaskus
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top