Sebar Hoaks Soal Vaksin, Intagram Hapus Akun Keponakan Kennedy

Jum'at, 12 Februari 2021 - 14:33 WIB
loading...
Sebar Hoaks Soal Vaksin, Intagram Hapus Akun Keponakan Kennedy
Instagram menghapus akun Robert Kennedy Jr karena menyebarkan hoaks terkait vaksin COVID-19. Foto/Tangkapan layar
A A A
WASHINGTON - Instagram terus meningkatkan penyaringan terhadap informasi menyesatkan terkait pandemi COVID-19 . Terbaru, akun milik milik keponakan mantan presiden Amerika Serikat (AS) John F Kennedy, Robert F. Kennedy Jr, dihapus karena dianggap menyebarkan berita bohong alias hoaks terkait vaksin COVID-19 .

Akun Robert F. Kennedy Jr, seorang kritikus terkemuka dengan 800.000 pengikut, dihapus pada hari Rabu.

"Kami menghapus akun ini karena berulang kali membagikan klaim yang tidak benar tentang virus atau vaksin," kata Facebook , perusahaan induk Instagram, mengonfirmasi penghapusan halaman yang sangat populer itu seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (12/2/2021).



Akun tersebut dihapus tak lama setelah Washington Post melaporkan postingan Kennedy dengan video klip yang viral dari "Planet Lockdown" kepada pihak Instagram.

Video tersebut adalah wawancara sekutu Kennedy, Catherine Austin Fitts, yang menjabat sebagai asisten sekretaris perumahan di pemerintahan mantan presiden George H.W. Bush. Dalam klip tersebut, Fitts dilaporkan berpendapat bahwa upaya vaksinasi COVID-19 adalah rencana jahat yang didalangi oleh komplotan rahasia global. Ia juga menyatakan bahwa vaksin COVID-19 dapat mengubah DNA atau membuat seseorang tidak subur.

Klip itu sendiri telah dihapus dari YouTube, Facebook, dan media sosial lain.



Kennedy selama ini dikenal sebagai sosok yang skeptis dan vokal terhadap vaksin. Ia memposting ulang video tersebut pada 29 Desember lalu. Video itu dilaporkan telah dilihat sebanyak 900.000 penayangan. Dia juga memiliki pengikut yang cukup besar di Twitter mencapai 214.000, namun namanya di sana tampaknya masih aman.

Robert Kennedy Jr. telah menuai kritik tajam atas sikap anti-vaksinnya dari media arus utama, dengan Jake Tapper dari CNN mencapnya sebagai "ancaman" karena menyebut Dr. Anthony Fauci sebagai orang yang sangat jahat yang telah mengubah Amerika menjadi "Farmasi Besar."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)