Kelompok Pria Bersenjata Bunuh Lebih dari 100 Orang di Ethiopia

Kamis, 24 Desember 2020 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Daerah tersebut adalah rumah bagi beberapa kelompok etnis termasuk orang Gumuz. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir para petani dan pengusaha dari wilayah tetangga Amhara mulai pindah ke daerah tersebut, mendorong beberapa warga Gumuz mengeluh bahwa tanah subur telah diambil.

Beberapa pemimpin Amhara sekarang mengatakan bahwa beberapa tanah di wilayah itu, terutama di zona Metekel, menjadi milik mereka. Klaim itu membuat marah warga Gumuz.

“Dalam serangan sebelumnya, yang terlibat adalah orang-orang yang berasal dari 'hutan', tetapi dalam kasus ini, para korban mengatakan bahwa mereka mengenal orang-orang yang terlibat dalam serangan tersebut,” ungkap komisi HAM dalam pernyataannya.

Belay Wajera, petani di kota barat Bulen, mengatakan pada Reuters bahwa dia menghitung 82 mayat di ladang dekat rumahnya setelah penggerebekan pada Rabu.

Dia dan keluarganya terbangun karena suara tembakan dan lari keluar rumah mereka saat sejumlah pria berteriak "tangkap mereka".

Istri dan lima anaknya ditembak mati. “Saya ditembak di pantat sementara empat anak lainnya melarikan diri dan sekarang hilang,” ungkap Wajera kepada Reuters melalui telepon.

Penduduk kota lainnya, Hassen Yimama, mengatakan orang-orang bersenjata menyerbu daerah itu sekitar pukul 6 pagi.

Dia mengatakan kepada Reuters bahwa dia menghitung 20 mayat di lokasi berbeda. Dia mengambil senjatanya sendiri tetapi penyerang menembak perutnya.

Seorang petugas medis setempat mengatakan dia dan rekannya merawat 38 orang yang terluka, sebagian besar menderita luka tembak.

Beberapa pasien memberi tahu dia tentang kerabat yang dibunuh dengan pisau dan mengatakan kepadanya bahwa orang-orang bersenjata membakar rumah dan menembak orang yang mencoba melarikan diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)