Kelompok Pria Bersenjata Bunuh Lebih dari 100 Orang di Ethiopia

Kamis, 24 Desember 2020 - 05:05 WIB
loading...
Kelompok Pria Bersenjata Bunuh Lebih dari 100 Orang di Ethiopia
Tentara melintasi jalanan di Ethiopia. Foto/africanews
A A A
ADDIS ABABA - Kelompok pria bersenjata membunuh lebih dari 100 orang dalam serangan fajar di wilayah barat Benishangul-Gumuz di Ethiopia pada Rabu (23/12).

Komisi hak asasi manusia (HAM) menyatakan penduduk menggambarkan melarikan diri dari serangan mematikan terbaru di daerah yang diliputi oleh kekerasan etnis itu.

“Serangan itu terjadi di desa Bekoji, kabupaten Bulen, zona Metekel,” ungkap Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) Ethiopia.

Negara terpadat kedua di Afrika itu bergulat dengan kekerasan mematikan yang rutin terjadi sejak Perdana Menteri (PM) Abiy Ahmed diangkat pada 2018. (Baca Juga: Trump Ancam Tak Tanda Tangani RUU COVID-19, Ingin BLT Lebih Besar)

Pemilu tahun depan semakin mengobarkan konflik atas tanah, kekuasaan, dan sumber daya alam. (Lihat Infografis: Lima Shio yang Diprediksi Beruntung pada Tahun 2021)

Di negara itu, militer Ethiopia memerangi pemberontak di wilayah Tigray utara selama lebih dari enam pekan dalam konflik yang telah menyebabkan hampir 950.000 orang mengungsi. (Lihat Video: Tak Terima Ditegur Makan Mi Instan, Seorang Pemuda Ancam Bunuh Ibu Kandung)

Pengerahan pasukan federal di sana telah menimbulkan kekhawatiran terjadi kekosongan keamanan di wilayah konflik lainnya.



Ethiopia juga memerangi pemberontakan di wilayah Oromiya dan menghadapi ancaman keamanan jangka panjang dari militan Islam Somalia di sepanjang perbatasan timur yang rawan.

Gashu Dugaz, pejabat senior keamanan regional, mengatakan pihak berwenang mengetahui serangan Benishangul-Gumuz dan sedang memverifikasi identitas para penyerang dan korban, tetapi tidak memberikan informasi lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)