Inilah 6 Ilmuwan Iran yang Diserang dalam Beberapa Tahun Terakhir

Sabtu, 28 November 2020 - 07:15 WIB
loading...
A A A
Abbasi-Davani, yang merupakan kepala fisika di Universitas Imam Hossein, secara pribadi telah dikenai sanksi PBB karena apa yang dikatakan para pejabat Barat adalah keterlibatannya dalam dugaan penelitian senjata nuklir. Menteri intelijen saat itu, Haidar Moslehi, kemudian berkata: “Tindakan teroris ini dilakukan oleh badan intelijen seperti CIA, Mossad dan MI6. Sebuah kelompok yang ingin melakukan aksi teror tetapi tidak berhasil, juga ditangkap. Mereka mengaku bahwa mereka dilatih oleh badan-badan intelijen ini."

Abbasi-Davani diangkat sebagai wakil presiden dan kepala Badan Energi Atom pada Februari 2011. Namun, menurut IRNA, dia dicopot dari jabatannya pada Agustus 2013.

5. Darioush Rezai

Rezai, 35, ditembak mati oleh orang-orang bersenjata di Teheran timur pada tanggal 23 Juli 2011. Dosen universitas itu memiliki gelar PhD di bidang fisika. Wakil Menteri Dalam Negeri Safarali Baratlou mengatakan dia tidak terkait dengan program nuklir Iran setelah laporan awal di beberapa media mengatakan dia terkait.

6. Mostafa Ahmadi-Roshan

Ahmadi-Roshan, lulusan teknik kimia berusia 32 tahun, tewas akibat bom yang dipasang di mobilnya oleh seorang pengendara sepeda motor di Teheran pada Januari 2012. Seorang penumpang lainnya tewas di rumah sakit dan seorang pejalan kaki juga terluka. Serangan serupa terjadi pada November 2010.

Iran mengatakan korbannya adalah seorang ilmuwan nuklir yang mengawasi sebuah departemen di Fasilitas Pengayaan Uranium Natanz. Iran menyalahkan Israel dan Amerika Serikat atas serangan itu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0849 seconds (0.1#10.140)