Inilah 6 Ilmuwan Iran yang Diserang dalam Beberapa Tahun Terakhir

loading...
Inilah 6 Ilmuwan Iran yang Diserang dalam Beberapa Tahun Terakhir
Mohsen Fakhrizadeh, ilmuwan nuklir Iran yang tewas dibunuh di Teheran pada Jumat (27/11/2020). Foto/Al Arabiya English/Twitter
TEHERAN - Mohsen Fakhrizadeh, yang dibunuh di Teheran pada hari Jumat, adalah ilmuwan nuklir Iran terbaru yang diserang sejak 2012.

Militer setempat mengatakan Fakhrizadeh meninggal karena cedera di rumah sakit setelah pembunuh menembaki mobilnya. Dia telah digambarkan oleh kubu oposisi Iran yang diasingkan dan Israel sebagai pemimpin program bom atom rahasia yang dihentikan pada tahun 2003.

Iran telah lama membantah berupaya mempersenjatai dirinya dengan senjata nuklir dan menegaskan program nuklirnya untuk tujuan damai. (Baca: Ilmuwan Nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh Tewas Dibunuh )

Mengutip laporan Reuters, Sabtu (28/11/2020), berikut daftar enam ilmuwan Iran yang diserang, termasuk dengan tembakan dan bom, dalam beberapa tahun terakhir;



1. Mohsen Fakhrizadeh

Ilmuwan nuklir ini tewas setelah mobil yang dia naiki ditembaki para pembunuh di Teheran pada hari Jumat (27/11/2020). Sosoknya selama ini disembunyikan Iran dari penyelidikan Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Namun para petinggi Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sangat mengenalinya dan bahkan memaparkan sosoknya pada 2018 ketika mengungkap arsip dokumen program nuklir Iran yang diklaim dicuri para agen Mossad dari sebuah lokasi rahasia di Iran.



Netanyahu menyatakan Fakhrizadeh sebagai eksekutif AMAD Plan, sebuah program yang disebut Israel untuk mengembangkan senjata nuklir. (Baca: Mengenal Mohsen Fakhrizadeh, 'Bapak Bom Nuklir Iran' yang Tewas Dibunuh )
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top