Saharjo, Penyelamat Hutan Indonesia yang Tak Gentar dengan Ancaman Pembunuhan

Sabtu, 12 September 2020 - 15:44 WIB
loading...
A A A
Dedikasi Profesor Saharjo dalam menjaga hutan dimulai lebih dari 35 tahun yang lalu saat dia masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA).

Antara 1982 dan 1983, terjadi kebakaran besar di sisi timur Kalimantan yang menghanguskan 3,6 juta hektare hutan. Itu memicu rasa ingin tahunya dan dia ingin tahu penyebab dan solusinya.

Dai kemudian mendaftar di IPB University pada jurusan perlindungan hutan dan melanjutkan studi gelar master dan doktor di Jepang.

Sekembalinya dari studinya di Jepang pada tahun 2000, seorang direktur dari Kementerian Lingkungan Hidup yang mengetahui tentang kualifikasinya menghubunginya.

Direktur itu bertanya apakah dia tertarik membantu mereka dalam kasus kebakaran hutan dan lahan di Riau dan Kalimantan Barat.

Dia setuju, mereka memenangkan kasus tersebut, dan itu menandai perjalanan perjuangannya untuk menyelamatkan lingkungan.

Meskipun kebakaran hutan dan lahan telah terjadi selama beberapa dekade—termasuk di provinsi Jambi tempat Profesor Saharjo dibesarkan—ia telah melihat adanya pergeseran motif untuk memulai kebakaran dalam beberapa tahun terakhir.

“Dulu orang tidak tahu soal klaim asuransi....tapi belakangan ini ada kasus orang membakar klaim yang nilainya mencapai belasan miliar (rupiah). Kasus seperti yang saya tangani yang dilakukan oleh perusahaan kelapa sawit dan juga perusahaan pulp dan kertas,” ujarnya.

Ada juga kasus di mana bisnis membuka bidang tanah untuk dijual untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi.

“Dan mereka tidak beroperasi sendiri. Biasanya ada mafia yang terlibat," klaim Saharjo.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0844 seconds (0.1#10.140)