3 Negara Tetangga Indonesia Penghasil Militan ISIS Terbanyak

Senin, 08 April 2024 - 12:58 WIB
loading...
3 Negara Tetangga Indonesia Penghasil Militan ISIS Terbanyak
Australia, Filipina, dan Malaysia tercatat sebagi tiga negara tetangga Indonesia penghasil militan ISIS terbanyak. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara tetangga Indonesia yang menjadi asal militan ISIS terbanyak. Salah satunya mencapai lebih dari 200 orang.

ISIS merupakan akronim dari Islamic State of Iraq and Syria. Kelompok teroris ini kemudian mengubah namanya menjadi Islamic State (IS). Mereka tenar karena rentetan aksi kekejamannya di Suriah dan Irak, serta membawa ancaman di berbagai negara lain.

Kendati berstatus kelompok teroris ISIS tetap memiliki banyak serdadu.

Sekitar 2018, International Centre for the Study of Radicalisation (ICSR) merilis sebuah laporan berjudul “From Daesh to ‘Diaspora’: Tracing the Women and Minors of Islamic State”.



Pada laporan tersebut, disebutkan bahwa setidaknya terdapat 41.490 warga dunia dari 80 negara berbeda yang berafiliasi dengan ISIS di Irak dan Suriah.

ICSR pun mengklasifikasikan masing-masing negara dengan perkiraan total warganya yang terafiliasi dengan ISIS, termasuk di wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya.

Negara Tetangga Indonesia Pemasok Militan ISIS Terbanyak

1. Australia


Australia berada di urutan pertama. Menurut data ICSR, setidaknya ada 214 warganya yang terindikasi menjadi afiliator ISIS.

Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga Indonesia lain, angka yang dimiliki Australia ini menjadi paling banyak. Bahkan mengungguli Filipina yang disebutkan dihuni salah satu cabang ISIS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)