Penyebab Iran Jadi Negara Islam Syiah, Terkait Pendiri Dinasti Safawiyah Pertama

Senin, 29 April 2024 - 14:49 WIB
loading...
Penyebab Iran Jadi Negara Islam Syiah, Terkait Pendiri Dinasti Safawiyah Pertama
Iran, negara dengan mayoritas Muslim Syiah. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Penyebab Iran menjadi negara Islam Syiah ini masih berkaitan dengan kemunculan tokoh pendiri Syiah yang pertama. Karena dalam sejarah awal Islam, hampir seluruh wilayah Timur Tengah didonimasi oleh Islam Sunni.

Islam memasuki Iran ketika negara tersebut masih berbentuk Kerajaan Persia sepanjang tahun 637–651. Penaklukkan Muslim ini sekaligus menyebabkan berakhirnya Kekaisaran Sasan yang telah berkuasa sejak tahun 224.

Kekaisaran Sasanian menggantikan Kekaisaran Parthia dan menjadikan Persia kembali sebagai kekuatan utama pada zaman kuno bersama dengan musuh bebuyutannya, Kekaisaran Romawi.

Setelah penaklukan Muslim, terjadi pergerakan penduduk yang lambat namun stabil menuju Islam, meskipun ada perlawanan yang cukup besar, dengan kaum bangsawan dan penduduk kota menjadi yang pertama masuk Islam, dan diikuti oleh kaum tani dan dehqan, atau raja pemilik tanah.

Hingga pada akhirnya di abad ke-10, mayoritas penduduk Persia telah memeluk agama Islam. Pada saat itu Islam Sunni mendominasi Iran dari abad ke-7 hingga abad ke-15.

Penyebab Iran Jadi Negara Islam Syiah


Setelah Islam Sunni cukup lama menguasai Tanah Arab, muncullah dinasti Safawi yang menjadikan Syiah sebagai agama negara. Mereka secara agresif melakukan dakwah dengan cara memaksa.

Sebenarnya kaum Syiah telah ada di Iran sejak masa awal Islam, para penulis empat kitab hadits Syiah adalah orang Iran pada era pra-Safawi dan terdapat satu dinasti Syiah yang tinggal di sebagian Iran pada abad kesepuluh dan abad kesebelas.

Meskipun Sunni berhasil mendominasi wilayah ini selama kurang lebih sembilan abad, kecenderungan Syiah di antara banyak Sunni di negeri ini rupanya mendapat dukungan besar dari kelompok Syiah Imami, dan Syiah Zaidī. Mereka juga mendapat dukungan dari wilayah Najaf dan Hillah.

Hingga pada tahun 1500 Safavid Shah Ismail I melakukan penaklukan Iran dan Azerbaijan dan memulai kebijakan pemaksaan perpindahan agama Muslim Sunni ke Islam Syiah.

Shah Ismail I merupakan pendiri dan syah pertama Safawi Iran, yang memerintah dari tahun 1501 hingga 1524. Pada masanya ini Iran menjadi salah satu kerajaan paling kuat pada masanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)