Media Asing: Presiden Terpilih Prabowo Dapat Membuat Militer Indonesia Lebih Kuat Lagi

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:22 WIB
loading...
A A A


Dengan ditetapkannya Prabowo sebagai presiden kedelapan Indonesia, beberapa pihak percaya bahwa dia dapat secara efektif menggunakan keterampilan dan pengalaman militernya untuk memimpin ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dan juga membuka jalan bagi para prajurit untuk memainkan peran yang lebih besar di Indonesia.

Namun, beberapa orang Indonesia khawatir tentang hal ini, terutama mengingat adanya tuduhan pelanggaran masa lalu oleh personel militer.

CNA mengkaji lebih dalam kebijakan pertahanan Prabowo dan apakah militer siap untuk mendapatkan perhatian yang lebih tinggi di bawah kepemimpinannya.

Prioritas Pertahanan Prabowo


Prabowo bergabung dengan Kabinet Jokowi sebagai menteri pertahanan pada Oktober 2019, di awal masa jabatan kedua Jokowi sebagai presiden.

Menggarisbawahi pentingnya hal itu, Kementerian Pertahanan termasuk di antara yang menerima dana terbanyak dari anggaran nasional selama bertahun-tahun, meskipun jumlahnya berfluktuasi karena pandemi Covid-19 antara tahun 2020 hingga 2022.

Ketika pandemi Covid-19 mulai mereda pada tahun 2022, Kementerian Pertahanan menerima anggaran sebesar Rp150,4 triliun (USD9,7 miliar).

Tahun ini, Kementerian Pertahanan menerima Rp175,1 triliun. Prabowo memutuskan untuk menghabiskan sebagian besar uang tersebut untuk membeli perangkat keras militer dari berbagai negara untuk menggantikan peralatan negara yang menua.

Ini merupakan perubahan dari pendahulunya Ryamizard Ryacudu, yang sebagian besar mengandalkan peralatan produksi dalam negeri.

Di bawah pengawasan Prabowo, Indonesia telah membeli jet tempur Rafale dari Prancis dan pesawat angkut Airbus A400M Eropa.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)