Media Asing: Presiden Terpilih Prabowo Dapat Membuat Militer Indonesia Lebih Kuat Lagi

Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:22 WIB
loading...
Media Asing: Presiden...
Analisis media asing menyebut presiden terpilih Prabowo Subianto dapat membuat militer Indonesia lebih kuat lagi. Foto/Tim Media Prabowo Subianto
A A A
JAKARTA - Media Singapura, Channel News Asia (CNA), menerbitkan laporan tentang masa depan Indonesia di bawah presiden terpilih Prabowo Subianto.

Laporan, yang mengutip para analis, pada Kamis (17/10/2024) menyebutkan bahwa sang presiden baru dapat membuat militer Indonesia lebih kuat lagi.

Laporan panjang ini dimulai dari deskripsi peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus lalu di Papua. Pada hari itu, puluhan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) berbaris rapi mengibarkan bendera merah putih sepanjang 1 km di atas kepala mereka di pos perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Kota Jayapura.

Terik matahari dan suhu 31 derajat Celsius tidak menjadi masalah bagi mereka.

Mereka ingin mengibarkan bendera nasional setinggi mungkin untuk menunjukkan kebanggaan nasional mereka.



Momen itu menjadi kesempatan mereka untuk merayakan kedaulatan Indonesia dan 79 tahun kemerdekaan sekaligus menjalankan tugas mengamankan dan melindungi negara yang perbatasannya rawan kejahatan transnasional seperti penyelundupan narkoba dan senjata api.

Papua juga telah lama dilanda pemberontakan separatis.

Survei terbaru oleh harian Kompas menunjukkan bahwa 92,6 persen dari 1.200 responden di seluruh negeri merasa puas dengan tugas TNI dalam mengamankan wilayah perbatasan.

Namun, ibu rumah tangga Rikha Felle (29) menilai Papua kekurangan personel TNI dan Polri.

“Jumlahnya tidak cukup karena Papua itu besar,” kata Rikha.

Karena itu, dia ingin lebih banyak personel dikerahkan ke wilayah paling timur Indonesia itu.

“Lebih banyak (personel TNI dan Polri) yang dikerahkan karena TNI dan Polri membantu kami, rakyat kecil. Mereka melindungi kami,” kata Rikha.

Keinginannya mungkin akan segera menjadi kenyataan, karena Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan menjadi presiden Indonesia berikutnya pada 20 Oktober.

Pensiunan jenderal bintang empat itu akan menggantikan Joko Widodo (Jokowi).

Di bawah Prabowo, lebih banyak personel militer dapat dikerahkan di Papua yang bergolak, yang secara resmi menjadi bagian dari Indonesia pada tahun 1969 dan telah menderita pemberontakan separatis tingkat rendah yang sering terjadi sejak saat itu.

Pemerintah yang sukses selama bertahun-tahun selalu mengerahkan pasukan militer dan polisi yang cukup besar di Papua, yang secara luas dianggap sebagai daerah yang paling termiliterisasi di Indonesia.

Dari Februari tahun lalu hingga April tahun ini saja, sekitar 6.700 personel militer dan polisi dikerahkan ke Papua, meskipun tidak ada statistik yang tersedia untuk umum tentang jumlah total perwira.

Prabowo juga ditugaskan ke Papua pada tahun 1996 ketika sekelompok peneliti disandera oleh kelompok separatis.

Di bawah komandonya, para sandera akhirnya dibebaskan, dan karier Prabowo melejit.

“Ini adalah salah satu prestasi Prabowo sebagai jenderal komandan Komando Pasukan Khusus,” kata pakar pertahanan Alman Helvas Ali dari lembaga think tank pertahanan yang berbasis di Jakarta, Marapi Consulting and Advisory.



Dengan ditetapkannya Prabowo sebagai presiden kedelapan Indonesia, beberapa pihak percaya bahwa dia dapat secara efektif menggunakan keterampilan dan pengalaman militernya untuk memimpin ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dan juga membuka jalan bagi para prajurit untuk memainkan peran yang lebih besar di Indonesia.

Namun, beberapa orang Indonesia khawatir tentang hal ini, terutama mengingat adanya tuduhan pelanggaran masa lalu oleh personel militer.

CNA mengkaji lebih dalam kebijakan pertahanan Prabowo dan apakah militer siap untuk mendapatkan perhatian yang lebih tinggi di bawah kepemimpinannya.

Prioritas Pertahanan Prabowo


Prabowo bergabung dengan Kabinet Jokowi sebagai menteri pertahanan pada Oktober 2019, di awal masa jabatan kedua Jokowi sebagai presiden.

Menggarisbawahi pentingnya hal itu, Kementerian Pertahanan termasuk di antara yang menerima dana terbanyak dari anggaran nasional selama bertahun-tahun, meskipun jumlahnya berfluktuasi karena pandemi Covid-19 antara tahun 2020 hingga 2022.

Ketika pandemi Covid-19 mulai mereda pada tahun 2022, Kementerian Pertahanan menerima anggaran sebesar Rp150,4 triliun (USD9,7 miliar).

Tahun ini, Kementerian Pertahanan menerima Rp175,1 triliun. Prabowo memutuskan untuk menghabiskan sebagian besar uang tersebut untuk membeli perangkat keras militer dari berbagai negara untuk menggantikan peralatan negara yang menua.

Ini merupakan perubahan dari pendahulunya Ryamizard Ryacudu, yang sebagian besar mengandalkan peralatan produksi dalam negeri.

Di bawah pengawasan Prabowo, Indonesia telah membeli jet tempur Rafale dari Prancis dan pesawat angkut Airbus A400M Eropa.

Indonesia juga menandatangani kontrak dengan pembuat rudal Turki; Roketsan dan bekerja sama dengan negara tersebut untuk mengembangkan simulator menembak, parasut, dan penerbangan.

Khairul mengatakan kepada CNA bahwa memiliki strategi pengadaan pertahanan yang beragam adalah hal yang umum, terutama bagi negara-negara berkembang dengan anggaran terbatas.

Dia mengatakan pengadaan peralatan pertahanan dari berbagai negara juga merupakan cara untuk menjaga hubungan internasional yang baik.

Namun, pembelian tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang sinkronisasi dan interoperabilitas.

Indonesia telah membeli pesawat tempur Sukhoi Rusia di masa lalu karena Amerika Serikat dan Uni Eropa memberlakukan embargo senjata terhadap Indonesia pada tahun 1999 setelah intervensi militernya di Timor Leste. Uni Eropa mencabut larangan tersebut pada tahun 2000, dan AS melakukannya kemudian pada tahun 2005.

Tahun depan, Kementerian Pertahanan akan menerima anggaran terbesar dari semua kementerian.

Meskipun anggarannya sebesar Rp165,2 triliun lebih kecil dari tahun ini, ini menandakan bahwa Kementerian Pertahanan akan menjadi prioritas pemerintahan yang akan datang, kata para analis.

Mereka mencatat bahwa penurunan 3,6 persen dalam anggaran kementerian tahun ini dibandingkan dengan 2023 disebabkan oleh kebutuhan Indonesia untuk mengalokasikan uang ke badan-badan baru yang akan dibentuk tahun depan, termasuk satu badan untuk mengawasi program makan siang gratis andalan Prabowo.

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra dan pejabat senior Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk terus membeli lebih banyak perangkat keras dan memastikan kesejahteraan prajurit.

Tahun lalu, Prabowo mengumumkan bahwa komando militer akan dibentuk di masing-masing dari 38 provinsi di Indonesia, meningkat dari 15 provinsi saat ini.

Sejauh ini belum ada komando baru yang dibentuk, dan presiden terpilih tidak menyebutkan jadwal perluasan.

Meskipun beberapa pihak mungkin berpendapat bahwa perluasan ini merupakan tanda meningkatnya militerisasi, Khairul menunjukkan bahwa hal ini telah direncanakan sejak masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono, pendahulu Jokowi.

Rencananya, negara ini akan terlebih dahulu meningkatkan perangkat keras militernya yang sudah tua, meningkatkan kesejahteraan personel militer, dan kemudian menambah lebih banyak komando militer.

Komando militer berfungsi sebagai markas besar daerah Angkatan Darat. Dengan memiliki komando militer di suatu daerah, Angkatan Darat dapat mengembangkan dan melatih personelnya sesuai dengan kebutuhan daerah tertentu.

“Prioritas saat ini masih memodernisasi peralatan,” kata Khairul.

“Dan bahkan jika mereka menambah komando militer baru, mereka tidak akan dibangun secara serentak di seluruh Indonesia karena keterbatasan anggaran.”

Khairul meyakini bahwa provinsi-provinsi di wilayah terluar atau perbatasan Indonesia, seperti Papua, akan menjadi prioritas.

Beberapa tahun lalu, pulau Papua di Indonesia dimekarkan dari dua provinsi menjadi enam provinsi, sehingga membutuhkan lebih banyak sumber daya.

Juru bicara Kepolisian Papua Komisaris Besar Ignatius Benny Adi Prabowo mengatakan kepada CNA bahwa polisi juga membutuhkan sumber daya tambahan seperti lebih banyak petugas dan anggaran yang lebih tinggi karena beberapa wilayah di Papua rentan terhadap masalah keamanan seperti pemberontakan.

Bulan lalu, pilot Selandia Baru akhirnya dibebaskan setelah ditawan oleh kelompok separatis selama 19 bulan di distrik Nduga.

Bulan ini, sebuah sekolah dibakar yang diduga dilakukan oleh kelompok pemberontak di Papua Tengah.

"Tentu saja, kami berharap dukungan dari pemerintah pusat dalam hal anggaran atau peralatan," kata Ignatius.

Para analis mengatakan bahwa selain meningkatkan perangkat keras dan meningkatkan kesejahteraan prajurit, Prabowo juga akan bersemangat untuk memajukan hubungan pertahanan dan keamanan Indonesia dengan negara lain.

Salah satu alasannya, presiden baru memiliki minat pribadi dalam masalah regional dan geopolitik dan juga diharapkan memainkan peran aktif dalam mendorong kebijakan luar negeri negara tersebut.

“Saya pikir Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo akan mengembangkan hubungan yang lebih strategis, terutama mengingat latar belakang militernya,” kata Khairul.

“Sebagai mantan jenderal dan menteri pertahanan saat ini, dia memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang diplomasi pertahanan (dibandingkan Presiden Jokowi yang akan lengser)," paparnya.

“Dan saya pikir ini adalah aset besar bagi Indonesia untuk go internasional selama era Prabowo, terutama sebagai pemimpin ASEAN secara de facto.”

Alman memiliki pandangan yang sama. Dia menambahkan bahwa strategi Prabowo untuk membeli senjata dari berbagai negara menunjukkan visinya yang berwawasan ke luar.

“Sejauh ini, kita sangat berwawasan ke dalam, seolah-olah ancaman itu berasal dari dalam, yang merupakan pola pikir yang salah.”


Amandemen Undang-Undang


Dalam beberapa tahun terakhir, perubahan legislatif dan amandemen undang-undang yang diusulkan telah menimbulkan kekhawatiran di antara para kritikus bahwa demokrasi yang diperoleh dengan susah payah di negara ini setelah protes 1998 akan merosot.

Kekhawatiran utama muncul dari amandemen undang-undang pegawai negeri yang disahkan tahun lalu, yang memungkinkan personel militer dan polisi untuk mengisi posisi sipil tertentu di pemerintah dan perusahaan milik negara, sementara masih tunduk pada peraturan polisi dan militer.

Warga Jakarta, Maria Katarina Sumarsih (72), percaya bahwa militer dan polisi seharusnya tidak menduduki posisi sipil.

“Banyak anak muda yang kesulitan mencari pekerjaan,” katanya.

“Jadi mengapa personel militer yang sudah memiliki pekerjaan tetap mendapat kesempatan untuk mengisi posisi tersebut? Ini tidak masuk akal,” kata Maria, yang kehilangan putranya yang berusia 20 tahun dalam salah satu protes mematikan pada tahun 1998.

Yohanes Sulaiman, pakar pertahanan dan hubungan internasional dari Universitas Jenderal Achmad Yani di Jawa Barat, mengatakan kepada CNA bahwa hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya personel militer aktif yang tidak memegang jabatan fungsional.

Namun, dia berpikir perwira militer tidak ingin ditugaskan ke posisi sipil.

“Dari perspektif militer, jika Anda ditugaskan pada posisi sipil, itu adalah peringatan dari atasan Anda bahwa Anda akan segera pensiun dan tidak kembali ke pangkalan,” kata Yohanes.

TNI saat ini memiliki sekitar satu juta personel.

Rancangan Undang-Undang (RUU) kontroversial yang mungkin memberi militer dan polisi lebih banyak kekuasaan juga dibahas di DPR dalam beberapa bulan terakhir.

Pemerintah mengatakan bahwa undang-undang TNI yang baru diperlukan karena undang-undang saat ini sudah berusia 20 tahun dan perlu diperbarui untuk mencerminkan ancaman yang lebih baru, seperti serangan siber.

Namun, RUU tersebut juga menyatakan militer akan memiliki fungsi ganda.

Hal ini memicu kekhawatiran bahwa negara akan kembali ke era Orde Baru di bawah Suharto, ketika militer memiliki model fungsi ganda di mana ia terlibat dalam pertahanan dan pemerintahan sipil.

Berdasarkan RUU terbaru yang diusulkan, personel militer dapat, misalnya, memiliki bisnis, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang konflik kepentingan.

RUU tersebut juga akan memperpanjang usia pensiun perwira dan memberikan lebih banyak fleksibilitas serta lebih sedikit pembatasan dalam menempatkan prajurit aktif di kementerian dan lembaga pemerintah dibandingkan dengan undang-undang pegawai negeri yang disahkan tahun lalu.

Perubahan yang diusulkan memicu protes publik dan RUU tersebut belum disahkan ketika masa jabatan lima tahun anggota Parlemen berakhir pada 30 September karena terbatasnya waktu untuk menanggapi beberapa kekhawatiran publik.

Namun, RUU tersebut masih dapat dihidupkan kembali oleh anggota Parlemen baru yang dilantik pada 1 Oktober.

Namun, Yohanes, pakar pertahanan, yakin bahwa RUU tersebut tidak akan segera disahkan.

“Karena ada pihak-pihak yang berusaha mencegah atau setidaknya mengubahnya agar militer tidak tumbuh besar,” katanya, merujuk bukan hanya pada masyarakat umum tetapi juga beberapa segmen pemerintahan Indonesia.

Pemerintah dengan kepentingan tertentu ingin melihat TNI yang kurang kuat.

Namun, Maria yakin di bawah pemerintahan Prabowo, militer akan kembali menjalankan fungsi gandanya sebagai penjaga kedaulatan negara dan menangani masalah lain, termasuk ketahanan pangan.

Putranya, Bernardinus Realino Norma Irmawan, yang akrab disapa Wawan, merupakan salah satu pengunjuk rasa yang ditembak mati, dan hingga saat ini, belum ada yang dimintai pertanggungjawaban atas kematiannya.

Khairul, analis dari ISESS, mengatakan dapat dipahami bahwa kekhawatiran tersebut ada.

"Kekhawatiran itu wajar saja karena kita belum sepenuhnya terbebas dari trauma masa lalu," ujarnya.


Rakyat Punya Suara


Oleh karena itu, para pakar mengatakan masyarakat harus selalu waspada dan menyuarakan pendapatnya untuk mencegah penyalahgunaan kekuasaan yang dapat berujung pada kemunduran demokrasi dan hak asasi manusia di Indonesia.

"Kita tidak boleh lupa bahwa Prabowo punya sejarah kelam di masa Orde Baru, bukan hanya Prabowo sebagai pribadi, tetapi juga ABRI sebagai organisasi," kata Alman Helvas Ali dari Marapi Consulting and Advisory.

ABRI adalah singkatan dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, nama pendahulu TNI.

Maria selama 18 tahun terakhir berdiri di depan Istana Kepresidenan Jakarta bersama para demonstran lainnya setiap hari Kamis, sambil membawa payung hitam mengenang putranya dan korban lain dari penembakan dan penculikan tahun 1998.

Dia berharap ketika Prabowo dilantik, dia tidak akan melupakan sumpah presidennya.

“Dalam sumpah presiden, disebutkan bahwa orang tersebut harus mengikuti konstitusi," katanya.

“Konstitusi mengatakan bahwa perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah,” ujarnya.

Pada akhirnya, semua analis yang diwawancarai CNA menyimpulkan bahwa publik harus memberi Prabowo waktu untuk membuktikan dirinya.

“Di satu sisi, saya khawatir tentang demokrasi Indonesia dan apakah presiden baru akan terlalu kuat,” kata Yohanes dari Universitas Jenderal Achmad Yani.

“Tetapi di sisi lain, saya cukup optimistis. Saya tidak berpikir dia orang yang brutal. Dia tidak punya niat buruk. Dia telah belajar dari masa lalu, dan dia cerdas.”
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)