Siapa Han Kang? Peraih Nobel Sastra dari Korea Selatan yang Identik dengan Tema Kerapuhan Hidup

Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:12 WIB
loading...
A A A
Empati fisik Han Kang terhadap kisah hidup yang ekstrem diperkuat oleh gaya metaforisnya yang semakin kuat. Greek Lessons, 2023 dari tahun 2011 adalah penggambaran yang menawan tentang hubungan yang luar biasa antara dua individu yang rentan. Seorang wanita muda yang, setelah serangkaian pengalaman traumatis, telah kehilangan kemampuan berbicara terhubung dengan gurunya dalam Bahasa Yunani Kuno, yang juga kehilangan penglihatannya. Dari kekurangan mereka masing-masing, hubungan cinta yang rapuh berkembang. Buku ini adalah meditasi yang indah tentang kehilangan, keintiman, dan kondisi utama bahasa.

5. Mengangkat Isu Sejarah

Dalam novel Human Acts, 2016, kali ini Han Kang menggunakan peristiwa sejarah yang terjadi di kota Gwangju sebagai landasan politiknya, tempat ia dibesarkan dan tempat ratusan pelajar dan warga sipil tak bersenjata dibunuh selama pembantaian yang dilakukan oleh militer Korea Selatan pada tahun 1980.

Dalam upaya menyuarakan para korban sejarah, buku ini menghadapi episode ini dengan aktualisasi brutal dan, dengan demikian, mendekati genre sastra saksi. Gaya Han Kang, yang visioner sekaligus ringkas, tetap menyimpang dari ekspektasi kita terhadap genre tersebut, dan merupakan cara khusus baginya untuk mengizinkan jiwa orang mati dipisahkan dari tubuh mereka, sehingga memungkinkan mereka menyaksikan pemusnahan mereka sendiri.

Pada saat-saat tertentu, saat melihat mayat-mayat yang tidak dapat diidentifikasi dan tidak dapat dikubur, teks tersebut kembali ke motif dasar Antigone karya Sophocles.

Dalam The White Book, 2017, gaya puitis Han Kang sekali lagi mendominasi. Buku ini merupakan sebuah elegi yang didedikasikan untuk seseorang yang bisa saja menjadi kakak perempuan dalam diri narator, tetapi meninggal hanya beberapa jam setelah dilahirkan.

Dalam serangkaian catatan pendek, yang semuanya berkaitan dengan benda-benda putih, melalui warna kesedihan inilah karya tersebut secara keseluruhan dibangun secara asosiatif. Hal ini membuatnya kurang menjadi sebuah novel dan lebih menjadi semacam 'buku doa sekuler', seperti yang juga telah dijelaskan.

Jika, menurut narator, saudari khayalan itu dibiarkan hidup, dia sendiri tidak akan diizinkan untuk lahir. Dalam menyapa orang mati, buku ini juga mencapai kata-kata terakhirnya: 'Di dalam putih itu, semua benda putih itu, aku akan menghirup napas terakhir yang telah kau lepaskan.'
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)