Siapa Han Kang? Peraih Nobel Sastra dari Korea Selatan yang Identik dengan Tema Kerapuhan Hidup

Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:12 WIB
loading...
Siapa Han Kang? Peraih...
Han Kang memenangkan nobel sastra. Foto/HanKang.net
A A A
SEOUL - Penulis Korea Selatan Han Kang memenangkan Penghargaan Nobel dalam Sastra. Penulis fiksi berusia 53 tahun ini juga pernah mantan pemenang Penghargaan Internasional Booker untuk novelnya tahun 2007 The Vegetarian.

Pada pengumuman tersebut, ia dipuji "atas prosa puitisnya yang intens yang menghadapi trauma historis dan mengungkap kerapuhan kehidupan manusia". Komite Penghargaan Nobel telah memberikan penghargaan sastra sejak 1901 dan ini menandai ke-18 kalinya seorang wanita memenangkan hadiah tersebut.

Ia telah memenangkan 11 juta krona (810.000 poundsterling ) yang merupakan jumlah yang diberikan kepada setiap pemenang Hadiah Nobel tahun ini.

Han adalah pemenang pertama dari Korea Selatan yang menerima hadiah tersebut, yang digambarkan oleh dewan Hadiah Nobel sebagai seseorang yang telah "mengabdikan dirinya pada musik dan seni".

Pernyataan tersebut juga menambahkan bahwa karyanya melintasi batas dengan menjelajahi rentang genre yang luas - termasuk kekerasan, kesedihan, dan patriarki.

Siapa Han Kang? Peraih Nobel Sastra dari Korea Selatan yang Identik dengan Tema Kerapuhan Hidup

1. Pernah Memenangkan Man Booker Internasional

Melansir BBC, titik balik kariernya terjadi pada tahun 2016, ketika ia memenangkan hadiah Man Booker Internasional untuk The Vegetarian - sebuah buku yang telah dirilis hampir satu dekade sebelumnya, tetapi pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 2015 oleh Deborah Smith.

Buku tersebut menggambarkan konsekuensi kekerasan bagi seorang wanita yang menolak untuk tunduk pada norma-norma asupan makanan.

Karya-karya Han lainnya termasuk The White Book, Human Acts, dan Greek Lessons.

Sekretaris tetap Akademi Swedia Mats Malm mengatakan pada upacara tersebut bahwa "dia tidak benar-benar siap" untuk memenangkan hadiah tersebut.

2. Selalu Mengangkat Isu Kerapuhan Kehidupan Manusia

Ketua komite Anders Olsen juga mengatakan bahwa ia "menghadapi trauma historis dan serangkaian aturan yang tak terlihat dan, dalam setiap karyanya, menyingkap kerapuhan kehidupan manusia".

Ia memuji "gaya puitis dan eksperimental"-nya, dan menyebutnya "seorang inovator dalam prosa kontemporer".

Ketua tersebut menambahkan bahwa ia memiliki "kesadaran unik tentang hubungan antara tubuh dan jiwa, yang hidup dan yang mati".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)