Perang Paling Mematikan di Lebanon sejak 2006, 182 Orang Tewas Akibat Serangan Israel

Senin, 23 September 2024 - 21:15 WIB
loading...
Perang Paling Mematikan...
Serangan Israel ke Lebanon menewaskan 182 orang. Foto/AP
A A A
BEIRUT - Serangan Israel pada Senin (23/9/2024) menewaskan lebih dari 180 warga Lebanon dalam rentetan serangan paling mematikan sejak perang Israel-Hizbullah tahun 2006.

Militer Israel memperingatkan penduduk di Lebanon selatan dan timur untuk mengungsi dari rumah mereka menjelang perluasan kampanye udara terhadap Hizbullah.

Ribuan warga Lebanon mengungsi ke selatan, dan jalan raya utama keluar dari kota pelabuhan selatan Sidon macet dengan mobil-mobil yang menuju Beirut dalam eksodus terbesar sejak pertempuran tahun 2006. Lebih dari 700 orang lainnya terluka dalam serangan itu — jumlah korban dalam satu hari yang mengejutkan bagi negara yang masih terguncang dari serangan mematikan terhadap perangkat komunikasi minggu lalu.

Pemerintah memerintahkan sekolah dan universitas untuk tutup pada hari Selasa di sebagian besar negara dan mulai menyiapkan tempat penampungan bagi orang-orang yang mengungsi dari selatan.

Militer Israel mengumumkan bahwa mereka menyerang sekitar 300 target pada hari Senin, dengan mengatakan bahwa mereka akan menyerang lokasi senjata Hizbullah. Beberapa serangan menghantam daerah pemukiman di kota-kota di selatan dan Lembah Bekaa di timur. Satu serangan menghantam daerah hutan sejauh Byblos di Lebanon tengah, lebih dari 80 mil dari perbatasan utara Beirut.

Melansir AP, militer Israel mengatakan bahwa mereka memperluas serangan udara untuk mencakup daerah lembah di sepanjang perbatasan timur Lebanon dengan Suriah. Hizbullah telah lama memiliki kehadiran yang mapan di lembah tersebut, dan di sanalah kelompok tersebut didirikan pada tahun 1982 dengan bantuan Garda Revolusi Iran.

Juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengulangi peringatan yang mendesak penduduk untuk segera mengungsi dari daerah tempat Hizbullah menyimpan senjata, termasuk di lembah tersebut.



Sementara itu, Hizbullah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menembakkan puluhan roket ke sebuah pos militer Israel di Galilea. Mereka juga menargetkan fasilitas perusahaan pertahanan Rafael, yang berkantor pusat di Haifa, untuk hari kedua.

Saat Israel melakukan serangan tersebut, otoritas Israel melaporkan serangkaian sirene serangan udara di Israel utara yang memperingatkan adanya tembakan roket dari Lebanon.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)