Hamas Tegaskan Tidak Ada Negosiasi Nyata untuk Gencatan Senjata Gaza

Selasa, 03 September 2024 - 16:45 WIB
loading...
Hamas Tegaskan Tidak...
Pemakaman sandera Israel-Amerika Hersh Goldberg-Polin yang tewas di Jalur Gaza, di Yerusalem, 2 September 2024. Foto/Gil Cohen-Magen/AP
A A A
JALUR GAZA - Seorang pejabat senior Hamas mengatakan tidak ada negosiasi nyata untuk kesepakatan gencatan senjata guna menghentikan perang di Gaza dan bertukar tahanan dengan Israel.

Anggota biro politik yang bertanggung jawab atas berkas negosiasi, Khalil Al-Hayya, menambahkan Hamas siap mencapai kesepakatan jika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menginginkannya.

Al-Hayya mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa Hamas bersikeras agar Israel menarik diri sepenuhnya dari Jalur Gaza, dan dari wilayah Philadelphia dan Netzarim, sebagai syarat untuk kesepakatan apa pun.

“Netanyahu mengatakan dengan jelas bahwa tidak akan ada penarikan diri dari Netzarim dan tidak ada penarikan diri dari Philadelphia, dan saya katakan di sini dengan jelas bahwa tanpa penarikan diri sepenuhnya dari Jalur Gaza, tidak akan ada kesepakatan,” tegas Al-Hayya.

Dia mengklaim Netanyahu ingin perang terus berlanjut dan tidak ingin mencapai kesepakatan.

“Itu karena kesepakatan itu memiliki harga yang nyata, dan ia tidak ingin membayar harga ini,” papar pejabat Hamas itu.

Pejabat Hamas mengkritik persyaratan baru yang ditetapkan oleh Netanyahu, dengan menunjukkan dalam proposal yang diajukannya kepada para mediator, dia ingin mendeportasi 50 tahanan Palestina yang menjalani hukuman seumur hidup setelah dibebaskan, tetapi setelah 2 Juli, jumlah tersebut dinaikkan menjadi 150 orang.

Dia juga menjelaskan di antara persyaratan baru yang ditambahkan Netanyahu adalah tidak ada tahanan Palestina yang dijatuhi hukuman seumur hidup yang akan dibebaskan, bahkan jika mereka sakit atau lanjut usia, yang bertentangan dengan proposal Israel sebelumnya.

"Dalam setiap klausul, Netanyahu menetapkan persyaratan baru yang bertentangan dengan proposal yang telah ditetapkannya sendiri, termasuk Philadelphia dan Netzarim," papar Al-Hayya.

Dia menjelaskan, "Kecuali jika tahanan Palestina dibebaskan, perang dihentikan, dan pendudukan Israel mundur, khususnya dari Philadelphia, tidak akan ada kesepakatan."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)