Pengamat Rusia Yakin Protes di Venezuela Didanai AS

Selasa, 30 Juli 2024 - 17:35 WIB
loading...
Pengamat Rusia Yakin...
Anggota Polisi Nasional Bolivarian (PNB) dan Garda Nasional Bolivarian (GNB) bentrok dengan demonstran oposisi selama protes atas hasil pemilu presiden di Caracas, Venezuela, 29 Juli 2024. Foto/EPA-EFE/Henry Chirinos
A A A
MOSKOW - Anggota delegasi pengamat Rusia, yang juga anggota majelis rendah parlemen Rusia, Alexey Volotskov menyebut protes di Caracas setelah pemilu presiden hari Minggu pasti dibiayai Amerika Serikat (AS), yang memiliki kepentingannya sendiri di Venezuela dan mensponsori oposisi negara itu.

"Tentu saja, ini pasti pendanaan dari luar negeri, dan pandangan radikal dari orang-orang muda yang berpikiran hooligan yang mungkin mencari keuntungan ekonomi dalam masalah ini, untuk mengambil beberapa properti, merusak sesuatu, dan mencuri, mungkin semua ini berlipat ganda," ujar Volotskov.

Dia menjelaskan, "Hari ini, dari jendela hotel kami, kami melihat bagaimana para pengunjuk rasa mengejar seorang polisi yang mengendarai sepeda motor, menjatuhkannya, mengambil sepeda motor itu, dan mengendarainya. Ini sekali lagi membuktikan bahwa ada juga komponen properti dan ekonomi di sini, yaitu, orang-orang dalam kerusuhan ini mencoba mencari semacam penggunaan ekonomi untuk diri mereka sendiri.”

“Perampokan dan bandit, dikalikan dengan dukungan, slogan, dan pendanaan, tidak ada yang disembunyikan, dari negara Amerika, yang memiliki kepentingannya sendiri di sini dan membiayai oposisi dan kerusuhan yang saat ini kita saksikan, berada di Venezuela, di Caracas," papar anggota parlemen dan pengamat Rusia itu.

“Manifestasi ekstremisme di Venezuela setelah pemilu adalah tindakan yang dipentaskan dan tidak mampu memengaruhi proses pemilihan,” ungkap Volotskov.

Pada hari Minggu, pemilu presiden diadakan di Venezuela, dan kepala negara saat ini, Nicolas Maduro, memenangkannya.

Setelah itu, protes dimulai di Caracas pada hari Senin dengan bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa.
Pemerintah Venezuela mengatakan sejumlah negara telah mencampuri pemilu dan hak rakyat untuk menentukan nasib sendiri.

Pemimpin oposisi, Maria Corina Machado, yang dilarang mencalonkan diri dalam pemilu ini, memiliki sejarah panjang dengan organisasi-organisasi yang didanai AS.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang didirikannya, Sumate, didanai Amerika Serikat melalui National Endowment of Democracy.

Pada awal hingga pertengahan tahun 2000-an, terjadi persidangan yang panjang, atas tuduhan pengkhianatan terhadap Machado dan tiga pemimpin organisasi Sumate lainnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)