Presiden Baru Iran Ingin Bangun Ibu Kota Baru, Berikut 3 Alasannya

Minggu, 08 September 2024 - 22:50 WIB
loading...
Presiden Baru Iran Ingin...
Masoud Pezeshkian.ingin memindahkan ibu kota Teheran ke Teluk Persia. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Ibu kota Iran harus dipindahkan dari Teheran ke kota yang lebih dekat dengan pantai selatan. Demikian diungkapkan Presiden Masoud Pezeshkian.

Dalam pidatonya pada Sabtu, Pezeshkian, yang menjabat pada bulan Juli, menyatakan bahwa tidak ada gunanya untuk terus mengembangkan Teheran karena banyaknya kesulitan yang dihadapi oleh kota tersebut.

Presiden Baru Iran Ingin Bangun Ibu Kota Baru, Berikut 3 Alasannya

1. Teheran Dinilai Kekurangan Air dan Polusi Udara yang Buruk

Ibu kota saat ini diganggu oleh "kekurangan air, penurunan tanah, dan polusi udara," di antara hal-hal lainnya, katanya, seperti dikutip oleh outlet berita Javan Online.

"Teheran sebagai ibu kota negara menghadapi masalah-masalah yang tidak dapat kami selesaikan," presiden mengakui, yang menyatakan bahwa jalan keluar terbaik adalah dengan "memindahkan pusat politik dan ekonomi negara tersebut."

Sekadar memberi tahu penduduk bahwa mereka harus pindah dari Teheran tidak akan berhasil, dan pemerintah "harus pergi sendiri terlebih dahulu agar rakyat mengikuti kita," kata Pezeshkian.


2. Ibu Kota Baru di Dekat Teluk Persia sebagai Rute Perdagangan Utama

Ada pula alasan ekonomi untuk mencari ibu kota baru yang lebih dekat ke Teluk Persia, yang dilalui rute perdagangan utama, tegasnya.

"Pembangunan negara lebih lanjut tidak mungkin dilakukan jika tren saat ini terus berlanjut, ketika kita membawa sumber daya dari selatan negara dan laut ke pusat, mengubahnya menjadi produk di sana, dan mengirimkannya kembali ke selatan untuk diekspor," kata presiden.

Keadaan seperti itu "sangat melemahkan dan mengurangi daya saing kita, dan kita tidak punya pilihan lain selain memindahkan pusat ekonomi dan politik negara ke selatan dan lebih dekat ke laut," tegasnya.

Gholamhossein Karbaschi, yang menjabat sebagai wali kota Teheran pada tahun 1990-an, telah membantah gagasan Pezeshkian, dengan alasan bahwa tidak ada pengganti yang cocok untuk Teheran.

"Ke mana Anda ingin pergi?" katanya dalam sebuah wawancara dengan Asr Iran. Mantan wali kota tersebut memperingatkan bahwa beberapa negara yang sebelumnya memutuskan untuk memindahkan ibu kota mereka akhirnya kehilangan uang dan mendapatkan dua kota yang bermasalah, bukan satu.

Teheran, yang telah menjadi ibu kota Iran sejak 1786, terletak di utara negara itu, 100 km (63 mil) dari Laut Kaspia. Kota ini dihuni oleh 9,4 juta orang, dengan 16,8 juta lainnya di wilayah metropolitannya, menjadikan Teheran kota terbesar di Iran dan Asia Barat, dan wilayah metropolitan terbesar kedua di Timur Tengah setelah Kairo.

3. Terinspirasi Mahmoud Ahmadinejad

Ini bukan pertama kalinya otoritas Iran mengusulkan pemindahan ibu kota dari Teheran. Usulan serupa diajukan selama masa jabatan Presiden Mahmoud Ahmadinejad antara tahun 2005 dan 2013. Saat itu, parlemen memilih untuk membentuk dewan khusus guna mencari pengganti. Namun, keputusan akhir tentang pemindahan ibu kota tidak pernah dibuat.

Pezeshkian dilantik sebagai presiden Iran pada akhir Juli setelah mengalahkan saingannya Saeed Jalili dengan perolehan suara 53,7% berbanding 44,3% pada putaran kedua pemilihan awal bulan itu. Pemungutan suara dadakan itu diadakan setelah kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter pada bulan Mei.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)