Pengamat Rusia Yakin Protes di Venezuela Didanai AS

Selasa, 30 Juli 2024 - 17:35 WIB
loading...
A A A
Menurut kabel diplomatik yang diungkap Wikileaks pada tahun 2011, pemerintah AS secara terbuka dan tertutup mendukung Sumate dan menekan negara-negara lain untuk menekan Venezuela agar mencabut tuduhan tersebut.

Satu kabel rahasia tertanggal 14 Juni 2005 menggambarkan dampak pertemuan antara Machado dan Presiden AS saat itu George W Bush, yang mengatakan pertemuan tersebut memberikan "dorongan moral yang sangat dibutuhkan" bagi lawan-lawan Presiden Venezuela saat itu Hugo Chavez.

"Para penentang Presiden Chavez menyambut pertemuan pada tanggal 31 Mei dengan tepuk tangan karena telah menusuk mata Chavez, dan sejenak mengesampingkan perbedaan, bersuka ria karena salah satu dari mereka diterima pada tingkat yang begitu tinggi," ungkap isi telegram tersebut, seraya menambahkan mereka tidak ingin terlihat terlalu dekat dengan Sumate.

Telegram itu menjelaskan, "Penting sekarang untuk membiarkan organisasi tersebut memanfaatkan lonjakan ini sendiri. Identifikasi publik yang terus-menerus dan terlalu jelas dengan AS sekarang dapat menjadi kontraproduktif. Namun, pada saat yang sama, kita perlu memastikan bahwa Sumate memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk memanfaatkan sudut pandang baru yang dinikmatinya ini."

(sya)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)