Hakim Agung Samuel Alito Dapat Tiket Konser Senilai Rp14 Juta dari Sosialita Jerman

Minggu, 08 September 2024 - 15:30 WIB
loading...
Hakim Agung Samuel Alito...
Hakim agung Samuel Alito mendapatkan tiket konser senilai Rp14 juta dari sosialita Jerman. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Hakim Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) Samuel Alito melaporkan diri bahwa dia menerima tiket konser senilai USD900 atau setara Rp14 juta dari seorang sosialitas asal Jerman. Tapi, dia mengungkapkan perjalanan yang dibayar oleh orang lain.

Pengajuan tahunan yang diwajibkan, yang sering diminta perpanjangan oleh Alito, tidak menyertakan rincian tiket acara yang diberikan oleh sosialita Gloria von Thurn und Taxis dari Jerman. Alito tidak melaporkan pendapatan luar apa pun dari kontrak mengajar atau buku.

Melansir The Independent, pengungkapan keuangan yang diajukan oleh para hakim Mahkamah Agung muncul di tengah meningkatnya fokus pada etika di pengadilan tinggi di tengah kritik atas perjalanan dan hadiah yang tidak diungkapkan dari para dermawan kaya kepada beberapa hakim. Delapan hakim lainnya mengajukan formulir mereka pada bulan Juni; Alito menerima perpanjangan.

Hakim Clarence Thomas, misalnya, terlambat mengakui lebih banyak perjalanan yang dibayar oleh megadonor Partai Republik Harlan Crow dari tahun 2019 tahun ini, termasuk kamar hotel di Bali, Indonesia dan makanan dan penginapan di klub pribadi di Sonoma County, California.

Sementara itu, Alito melakukan perjalanan dengan pesawat pribadi ke pondok nelayan mewah Alaska dari dua donatur kaya Partai Republik pada tahun 2008, situs berita investigasi nirlaba ProPublica melaporkan tahun lalu. Alito, pada bagiannya, mengatakan dia tidak berkewajiban untuk mengungkapkan perjalanan tersebut berdasarkan pengecualian sebelumnya untuk keramahtamahan pribadi.

Alito juga melaporkan beberapa penjualan saham, termasuk saham Anheuser Busch senilai antara USD1.000 dan USD15.000 yang dijual pada bulan Agustus 2023, karena saham tersebut mulai stabil setelah boikot dari kaum konservatif atas promosi Budweiser dengan seorang influencer transgender.

Alito belum mengomentari penjualan saham tersebut, yang pertama kali diungkapkan pada bulan Mei. Ia juga mencatat pinjaman tahun 2015 dari firma jasa keuangan Edward D. Jones yang awalnya bernilai antara USD250.000 dan USD500.000 kini sebagian besar telah dilunasi, tetapi secara tidak sengaja dihilangkan dari beberapa laporan masa lalunya.



Alito secara terpisah telah diawasi atas bendera yang berkibar di luar rumah miliknya. Ia mengatakan bahwa bendera itu dikibarkan oleh istrinya.

Para hakim baru-baru ini mengadopsi kode etik, meskipun tidak memiliki sarana penegakan. Kode tersebut memperlakukan perjalanan, makanan, dan penginapan sebagai pengeluaran, bukan hadiah, yang nilai moneternya harus dilaporkan. Para hakim tidak diharuskan untuk memberikan nilai pada pengeluaran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)