Filipina Tangkap Pendeta yang Mengaku Anak Tuhan karena Mengendalikan Perdagangan Seks

Minggu, 08 September 2024 - 20:45 WIB
loading...
Filipina Tangkap Pendeta...
Apollo Carreon Quiboloy ditangkap karena terjerat pedagangan seks. Foto/AP
A A A
MANILA - Seorang pendeta Filipina berpengaruh yang didakwa dengan perdagangan seks yang telah lama menjadi sekutu mantan Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah ditangkap oleh pihak berwenang.

Sekretaris Departemen Dalam Negeri Benhur Abalos mengumumkan penangkapan Apollo Quiboloy dalam sebuah unggahan singkat di media sosial pada Minggu. Ia tidak mengatakan di mana pendeta tersebut ditangkap.

Namun, “pemilik alam semesta” dan “anak Tuhan yang ditunjuk” diyakini bersembunyi di bunker di kompleks gereja yang luas milik gerejanya, Kingdom of Jesus Christ (KOJC), di kota Davao bagian selatan, basis Duterte.

Dalam konferensi pers, Nicolas Torre, direktur polisi regional di Davao, mengonfirmasi penangkapan Quiboloy. Ia mengatakan bahwa ia diberi tahu bahwa Quiboloy menyerahkan diri kepada pihak berwenang.

Pada bulan Juni tahun ini, Departemen Kehakiman Filipina mendakwa pendeta tersebut dengan tuduhan pelecehan seksual yang mendorong pengadilan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapannya. Lima anggota gereja lainnya juga didakwa dengan tuduhan perdagangan manusia dan tindakan pelecehan anak lainnya.



Sebelumnya pada hari Minggu, pemerintah mengerahkan sedikitnya 3.000 petugas polisi ke kompleks gereja, tempat pihak berwenang telah melakukan operasi selama dua minggu terakhir.

Melansir Al Jazeera, Duterte dan sekutunya mengkritik upaya sejumlah besar polisi untuk menangkap Quiboloy sebagai pembunuhan yang berlebihan.

Ketika ia menjadi wali kota Davao City, dan kemudian sebagai presiden, Duterte sering muncul di stasiun televisi Quiboloy untuk mempromosikan tindakan keras terhadap narkoba yang dilakukan polisi, yang menewaskan ribuan tersangka yang sebagian besar miskin.

Pendeta itu mengatakan situasinya di Filipina "menjadi rumit" setelah Presiden Ferdinand Marcos Jr berkuasa pada tahun dari pemerintah sebagai imbalan atas penyerahan dirinya bahwa ia tidak akan diekstradisi.2022.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)