5 Fakta Menarik tentang Antartika, dari Tidak Ada Yang Memilikinya dan Tak Bisa Dipetakan

Senin, 29 Juli 2024 - 10:20 WIB
loading...
A A A
Namun setelah berabad-abad mencari penyeimbang tersembunyi ini terhadap Kutub Utara – dan ya, itu benar-benar logika yang digunakan orang-orang; mereka benar, tetapi tidak benar-benar benar – orang-orang hampir menyerah pada akhir abad ke-18. "Saya sangat yakin bahwa ada sebidang tanah di dekat Kutub, yang merupakan Sumber sebagian besar es yang tersebar di Samudra Selatan yang luas ini," tulis Kapten James Cook, penjelajah yang paling terkenal karena pelayarannya di seluruh Pasifik Selatan, setelah tiga tahun pencarian yang gagal untuk menemukan daratan yang diusulkan.

Namun, ia melanjutkan, "risiko yang dihadapi seseorang dalam menjelajahi pantai di Laut yang tidak dikenal dan dingin ini, sangat besar, sehingga saya berani mengatakan, bahwa tidak seorang pun akan pernah menjelajah lebih jauh dari yang telah saya lakukan dan bahwa tanah yang mungkin terletak di Selatan tidak akan pernah dieksplorasi."

Cook memang berani. Ia tidak hanya akan terbukti salah hanya dalam 50 tahun kemudian - tetapi kemungkinan besar, penjelajah Polinesia mengalahkannya lebih dari satu milenium.

“Narasi Polinesia tentang pelayaran antarpulau mencakup pelayaran ke perairan Antartika oleh Hui Te Rangiora (juga dikenal sebagai Ūi Te Rangiora) dan awak kapalnya di atas kapal Te Ivi o Atea, kemungkinan pada awal abad ketujuh,” catat sebuah makalah tahun 2021 dari para peneliti di Selandia Baru yang meneliti sejarah lisan dan karya seni masyarakat Pribumi. “Dalam beberapa narasi, Hui Te Rangiora dan awak kapalnya melanjutkan […] perjalanan jauh ke selatan. Dengan melakukan itu, mereka kemungkinan besar adalah manusia pertama yang melihat perairan Antartika dan mungkin benua itu.”

Yang, setelah semua itu, mungkin hanya menjawab siapa yang seharusnya memiliki Antartika. Siapa yang menemukan dan menyimpan dan sebagainya – selamat, Selandia Baru: kami rasa itu milik Anda.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)