Mengenal Dry Valleys, Tempat di Bumi yang Tak Diguyur Hujan Hampir 2 Juta Tahun

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:53 WIB
loading...
Mengenal Dry Valleys,...
Dry Valleys, tempat di Bumi yang tak diguyur hujan hampir 2 juta tahun. Foto/Meteored
A A A
JAKARTA - Bayangkan jika Anda menjalani hidup Anda di tempat yang belum pernah diguyur hujan dalam hampir 2 juta tahun. Tempat itu nyata ada, namanya Dry Valleys atau Lembah Kering.

Dry Valleys, yang berada di Antartika, menjadi terkering di Bumi. Luasnya sekitar 4.800 kilometer persegi. Selain tak pernah diguyur hujan jutaan tahun, tempat ini juga sama sekali tidak memiliki air, es, dan bahkan salju.

Mengutip laporan dari Live Science, penyebab nihilnya curah hujan di wilayah tersebut karena pengaruh angin Katabati—angin pegunungan yang sangat lembab yang bergerak turun dan menjauhi lembah.



Itu bermuara pada bentuk pegunungan di wilayah tersebut, karena pegunungan itu mengubah jalur es yang menuju ke laut. Karena perubahan jalur es ini, air tidak mencapai Dry Valleys dan hujan pun tidak turun di sana.

Meskipun lanskap berwarna putih di sekitar area tersebut, Dry Vallesy benar-benar kering, tanpa es atau salju meskipun suhunya sangat dingin.

Fris Hills Terkering di Dry Valleys


Ferris Hills di Taylor Valley adalah salah satu tempat terkering di jaringan Dry Valleys.

Diperkirakan wilayah ini tidak mengalami curah hujan selama kurang lebih 14 juta tahun, menurut Live Science. Di wilayah ini, angin bertiup kencang dengan kecepatan sekitar 320 km/jam, sehingga membatasi peluang terbentuknya uap air di atmosfer.

Patut dicatat bahwa studi dan penelitian yang dilakukan oleh Geological Society of America mengungkapkan pada pertemuan tahunannya di Denver pada 2013 silam bahwa air belum mengalir melalui Fris Hills di Antartika selama 14 juta tahun.

Ferris Hills, yang membentang hingga 600 meter di atas Lembah Taylor di Antartika, adalah bagian dari Dry Valleys di McMurdo Sound bagian barat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)