5 Fakta Menarik tentang Antartika, dari Tidak Ada Yang Memilikinya dan Tak Bisa Dipetakan

Senin, 29 Juli 2024 - 10:20 WIB
loading...
A A A
Namun secara internasional, pandangannya agak lebih sederhana, tambahnya: “Saya pikir hampir semua negara lain di dunia tidak mengakui klaim ini.”

2. Antartika adalah gurun terbesar, terkering, terberangin, dan terdingin di dunia

5 Fakta Menarik tentang Antartika, dari Tidak Ada Yang Memilikinya dan Tak Bisa Dipetakan

Foto/EPA

Saat Anda memikirkan gurun, kemungkinan besar kata pertama yang terlintas di benak Anda bukanlah "es". Namun, karakteristik gurun yang paling menentukan bukanlah pasir atau panas – melainkan kurangnya curah hujan.

"Meskipun Antartika memiliki banyak air dalam bentuk es, suhunya yang dingin membuat es tersebut tidak berubah menjadi air cair bahkan di musim panas," jelas Christopher S. Baird, penulis The Top 50 Science Questions with Surprising Answers dan Associate Professor Fisika di West Texas A&M University, dilansir iflscience.

"Suhu dingin juga membekukan uap air dari udara. Hasil akhirnya adalah Antartika bukan hanya gurun, tetapi juga benua terkering di dunia." "Terbesar" dan "terdingin" sudah cukup menjelaskannya – dengan luas sekitar 13,7 juta kilometer persegi, atau 1,4 juta kilometer persegi Amerika Serikat, Antartika adalah benua terbesar kelima di dunia, dan suhu di sana bisa mencapai -80°C (-112°F). Faktanya, suhu terendah yang pernah tercatat di Bumi, -89,2°C (-128,6°F), tercatat di stasiun Vostok pada tahun 1983.

Namun, itu bukan satu-satunya cuaca ekstrem yang dialami benua tersebut. "Lingkungan Antartika memiliki kondisi khusus yang menjadikannya benua paling berangin di Bumi," jelas Program Antartika Australia.

"Antartika biasanya dikelilingi oleh sabuk tekanan rendah yang berisi beberapa pusat rendah. Ini disebut 'palung sirkumpolar'," catatnya. "Namun, bagian dalam benua didominasi oleh tekanan tinggi." Gabungan dari kondisi-kondisi ini menciptakan apa yang dikenal sebagai "angin katabatik" – area udara yang sangat dingin dan padat yang terbentuk di bagian atas lapisan es Antartika dan ditarik turun oleh gravitasi. Kecepatan udara bertambah saat terpancar keluar menuju pantai, tempat sistem iklim bertekanan rendah dapat meningkatkan kekuatannya lebih jauh.

Pada akhir proses, "kecepatan angin yang dihasilkan dapat melebihi 100 km/jam [62 mph] selama berhari-hari," Program tersebut menjelaskan. "Hembusan angin yang jauh lebih dari 200 km/jam [124 mph] telah diukur."

3. Anehnya, ini mirip dengan Mars

5 Fakta Menarik tentang Antartika, dari Tidak Ada Yang Memilikinya dan Tak Bisa Dipetakan

Foto/EPA

Bagi para peneliti yang tinggal di Antartika, benua beku ini terkadang terasa seperti dunia yang berbeda.

Secara harfiah: “Saya menyebut [Antartika] sebagai ‘Mars Putih’,” kata Alexander Kumar, seorang MD peneliti yang bertugas di stasiun penelitian Concordia di pusat Antartika untuk Badan Antariksa Eropa, kepada BBC pada tahun 2012.

“Tinggal di sini adalah tempat yang paling mirip dengan tinggal di permukaan planet lain," katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)