5 Fakta Menarik tentang Antartika, dari Tidak Ada Yang Memilikinya dan Tak Bisa Dipetakan

Senin, 29 Juli 2024 - 10:20 WIB
loading...
A A A
Dan, seperti yang mungkin Anda ketahui dari jabatannya, hal itu membuat kutub sangat menarik bagi berbagai badan penjelajahan antariksa – khususnya mereka yang berharap suatu hari dapat mengirim manusia ke Mars. Ada beberapa alasan untuk itu: pertama, ada aspek fisik – "lembah kering Antartika adalah tujuan utama," kata Museum Sejarah Alam Amerika, "karena, dengan curah hujan kurang dari satu inci setahun dan suhu rata-rata -20[°F, -29°C], tempat-tempat itu adalah tempat yang paling mirip Mars di Bumi" – dan kedua, ada siksaan psikologis yang menghancurkan dari semuanya itu.

"Awak kami telah sepenuhnya terisolasi sejak Februari. Kami lebih terisolasi dari peradaban daripada para astronot yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Mustahil bagi kami untuk meninggalkan pangkalan hingga pertengahan November," kata Kumar.

"Keterasingan seperti itu adalah perjalanan dan tantangan pribadi," lanjutnya. "Saya menyamakan musim dingin dengan mengeruk kedalaman laut dari pikiran Anda. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan Anda temukan.”

Para kru di stasiun penelitian dapat mengalami tekanan psikologis yang ekstrem, jelas Kumar, sementara rekan-rekannya melaporkan perasaan “mati” dan “tidak nyata”. Mereka mengalami perubahan fisiologis, dengan indra menjadi “tumpul” dan waktu reaksi dan kognisi melambat drastis. Mereka kehilangan ritme sirkadian; mereka mengalami masalah memori dan kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi. Sepanjang misi, Kumar berkata, “kami hanya berbicara tentang dan menantikan satu tanggal – kedatangan pesawat pertama, kontak pertama kami dengan dunia luar, yang diperkirakan pada bulan November.”

“Jika Anda membiarkan pikiran Anda mengembara selama musim dingin Antartika untuk memikirkan […] hal-hal negatif, saya telah melihatnya bisa sangat berbahaya dan lepas kendali,” tambahnya.

“Tidak ada pelepasan – Anda berada dalam penjara pikiran Anda sendiri di sini.”

4. Sangat sulit untuk memetakan

5 Fakta Menarik tentang Antartika, dari Tidak Ada Yang Memilikinya dan Tak Bisa Dipetakan

Foto/EPA

Berbicara tentang Mars: Anda tahu, hingga baru-baru ini, kami benar-benar memiliki peta Planet Merah yang lebih baik daripada yang kami miliki untuk Antartika. Faktanya, lihatlah peta apa pun termasuk benua kutub selatan dari sebelum pertengahan tahun delapan puluhan – dan ya, itu baru empat dekade lalu; pemahaman kita tentang Antartika secara teknis adalah Generasi Milenial – dan Anda dapat menjamin bahwa itu tidak akan akurat.

“Baru pada tahun 1983 peta Antartika pertama yang secara umum akurat dibuat,” jelas Adrian Fox dari Pusat Pemetaan dan Informasi Geografis Survei Antartika Inggris, alias MAGIC. “Itulah pertama kalinya peta menyatukan informasi yang cukup bagi kami untuk memastikan bahwa kami memiliki semua fitur utama di tempat yang tepat.”

Anda mungkin mengatakan itu tidak mengejutkan – lagipula, seperti yang ditunjukkan Fox, “alasan mengapa begitu banyak benua tertinggi, terkering, terdingin, dan terberangin di Bumi tetap tidak terpetakan dengan baik sudah jelas.” Lihatlah peta dari tahun 1957 ini, misalnya, dan Anda dapat melihat benua itu digariskan dalam pita kuning yang relatif tipis – ini bukan pilihan dekoratif, tetapi indikasi satu-satunya area yang “telah dieksplorasi atau dilihat oleh manusia” pada saat itu.

Ditambah lagi, secara logistik, pemetaan Antartika bukanlah hal yang mudah: tempat itu sangat luas, hampir sepenuhnya kosong, dan, berkat Perjanjian Antartika, pada dasarnya tidak berguna dari perspektif kolonisasi atau ekstraksi sumber daya. Dengan kata lain: memetakan benua itu akan menjadi pekerjaan yang sangat banyak tanpa banyak keuntungan praktis.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)