5 Fakta Rencana Al Qaeda Membunuh Bill Clinton yang Hampir Dilupakan Sejarah

Minggu, 24 Maret 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Keesokan paginya, Glod dan Merletti mengatakan mereka diberi pengarahan tentang rencana tersebut oleh pejabat intelijen AS di kedutaan AS dan ditunjukkan foto perangkat tersebut.

Senjata tersebut terdiri dari granat berpeluncur senapan yang menembus lapis baja di atas kotak berisi TNT yang dihubungkan ke telepon Nokia yang dipasang sebagai detonator, kata mereka. Lewis dan Craig Ulmer, yang merupakan agen yang bertanggung jawab atas tim darat Manila, mengatakan mereka juga kemudian melihat foto-foto tersebut.

Dennis Pluchinsky, pensiunan analis terorisme Departemen Luar Negeri yang mengetahui rencana gagal tersebut pada tahun 2020 saat meneliti sejarah anti-AS. terorisme, mencatat bahwa pada tahun 1995 Clinton mengeluarkan Arahan Keputusan Penting 39 berkomitmen untuk "mencegah, mengalahkan, dan menanggapi dengan penuh semangat semua serangan teroris" terhadap warga Amerika di dalam atau di luar negeri, dan "menangkap dan mengadili" mereka yang bertanggung jawab.

Baru setelah 220 orang tewas dalam pemboman kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania oleh Al Qaeda pada bulan Agustus 1998, Clinton membalas dengan serangan rudal jelajah.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)