Konsolidasi Hadapi China, Militer Filipina dan AS Gelar Latihan Perang Tahunan

Senin, 22 April 2024 - 14:30 WIB
loading...
Konsolidasi Hadapi China, Militer Filipina dan AS Gelar Latihan Perang Tahunan
AS dan China gelar latihan perang tahunan. Foto/Reuters
A A A
MANILA - Hampir 17.000 tentara Filipina dan Amerika memulai latihan tempur gabungan selama tiga minggu di Filipina pada Senin (22/4/2024) yang mencakup latihan maritim di Laut China Selatan di mana Manila dan Beijing berselisih mengenai klaim teritorial.

Prancis dan Australia, yang telah meningkatkan hubungan pertahanan dengan Manila dalam menghadapi perilaku agresif China di Laut Cina Selatan, akan bergabung dalam latihan maritim yang akan dilakukan untuk pertama kalinya di luar wilayah perairan Filipina.

Latihan tahunan Balikatan atau latihan bahu-membahu, yang akan berlangsung dari 22 April hingga 10 Mei, dilakukan di tengah meningkatnya pertikaian diplomatik dan pertemuan maritim antara Filipina dan China, termasuk penggunaan meriam air dan pertukaran verbal yang memanas.

Para pejabat mengatakan latihan tersebut tidak ditujukan pada agresor eksternal mana pun, namun akan meningkatkan interoperabilitas antar militer mereka.

“Latihan di lokasi tersebut dilakukan berdasarkan tatanan internasional dan hukum internasional dan sesuai dengan hak kedaulatan dan tanggung jawab Anda. Kami melakukan latihan yang normal,” kata Letnan Jenderal AS William Jurney, direktur latihan Balikatan, dalam sebuah pengarahan, dilansir Reuters.

Meningkatnya tekanan Beijing di Laut China Selatan telah membuat khawatir Manila, negara-negara pengklaim wilayah laut yang disengketakan, dan negara-negara lain yang beroperasi di sana, termasuk Amerika Serikat yang telah menegaskan kembali komitmennya untuk membela Filipina dari agresi bersenjata di Laut Cina Selatan.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, yang merupakan jalur perdagangan kapal tahunan senilai lebih dari USD3 triliun. Beijing mengkritik latihan gabungan tersebut, dengan mengatakan bahwa latihan tersebut memperburuk ketegangan dan merusak stabilitas regional.

Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag memutuskan pada tahun 2016 bahwa klaim besar-besaran Beijing atas laut tersebut tidak memiliki dasar berdasarkan hukum internasional. Tiongkok menolak keputusan tersebut dan telah membangun fasilitas militer di pulau-pulau karang yang disengketakan untuk mendukung klaimnya.



Selama latihan gabungan, pasukan AS dan rekan-rekan mereka di Manila akan melakukan simulasi perebutan kembali pulau-pulau yang diduduki musuh di pulau-pulau paling utara negara itu yang dekat dengan Taiwan, dan di provinsi Palawan bagian barat yang menghadap ke Laut China Selatan.

Latihan tersebut akan melibatkan sekitar 16.700 tentara dari kedua belah pihak, sedikit lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 17.600 tentara, yang merupakan latihan Balikatan terbesar sejak dimulai pada tahun 1991.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)