4 Kontribusi Kim Ki-nam saat Jadi Kepala Propaganda Korea Utara

Rabu, 08 Mei 2024 - 16:06 WIB
loading...
4 Kontribusi Kim Ki-nam saat Jadi Kepala Propaganda Korea Utara
Kim Ki-nam menjadi ahli propaganda Korea Utara selama tiga pemimpin negara tersebut. Foto/AP
A A A
PYONYANG - Kim Ki-nam, kepala propaganda yang melayani ketiga generasi pemimpin Korea Utara dan memperkuat legitimasi politik mereka, telah meninggal dunia, kata media resmi.

Kim Ki-nam meninggal pada hari Selasa dalam usia 94 tahun karena kegagalan beberapa organ, kantor berita resmi KCNA melaporkan.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengunjungi aula pemakaman pada hari Rabu untuk memberikan penghormatan “dengan kesedihan yang mendalam atas kehilangan seorang veteran revolusioner yang tetap setia tanpa batas” kepada negaranya sampai akhir.

Kim Jong-un akan memimpin komite pemakaman kenegaraan untuk Kim Ki-nam, yang akan dimakamkan pada hari Kamis.

4 Kontribusi Kim Ki-nam saat Jadi Kepala Propaganda Korea Utara

1. Dalang Kultus Keluarga Kim

4 Kontribusi Kim Ki-nam saat Jadi Kepala Propaganda Korea Utara

Foto/AP

Kim Ki-nam dikreditkan sebagai dalang kultus dinasti keluarga Kim. Media pemerintah menggambarkannya sebagai “seorang veteran partai dan revolusi, seorang ahli teori bergengsi dan aktivis politik terkemuka”.

Keluarga penguasa Kim dihormati di Korea Utara sebagai “garis keturunan Paektu”, yang diambil dari nama gunung tertinggi di negara tersebut dan dianggap sebagai tempat kelahiran mendiang pemimpin Kim Jong-il.


2. Jadi Ketua Propaganda sejak 1985

Pada tahun 1970-an, Kim Ki-nam bertanggung jawab atas juru bicara resmi Pyongyang, surat kabar Rodong Sinmun, kata KCNA. Ia menjadi kepala departemen propaganda Korea Utara pada tahun 1985, menurut data pemerintah Korea Selatan. Dia pensiun pada tahun 2017 dan saudara perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, mengambil alih.

Peran Kim Ki-nam sebagai kepala propagandis negara tersebut membuatnya terkenal di Korea Selatan, di mana media menjulukinya sebagai Goebbels Korea Utara, diambil dari nama menteri propaganda Nazi Jerman Joseph Goebbels.

“Dapat dikatakan bahwa strategi propaganda dan agitasi dinasti Kim semuanya berasal dari pikiran Kim Ki-nam,” kata Ahn Chan-il, seorang pembelot yang menjadi peneliti yang menjalankan Institut Dunia untuk Studi Korea Utara, kepada AFP.

Kim Ki-nam dikenal sebagai 'Goebbels Korea Utara' karena perannya sebagai kepala departemen propaganda.

3. Pernah Menjadi Utusan Rekonsiliasi dengan Korea Selatan

Dia adalah salah satu dari sedikit pejabat Korea Utara yang pernah mengunjungi Korea Selatan, memimpin delegasi pemakaman pada tahun 2009 setelah kematian presiden Kim Dae-jung yang membuka era rekonsiliasi dengan Pyongyang dengan Kebijakan Sinar Mataharinya.

4. Arsitek Partai Buruh yang Berkuasa

Kim Ki-nam memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap kebijakan dan personel serta merupakan arsitek utama landasan politik Partai Buruh yang berkuasa, menurut pakar Korea Utara Michael Madden di Stimson Center.

Dia sangat dekat dengan Kim Jong-il, yang meninggal pada tahun 2011, dan diyakini sebagai “teman minumnya,” kata Madden mengutip sumber.

Dia adalah salah satu dari tujuh pejabat senior yang bergabung dengan Kim Jong-un dalam mendampingi mobil jenazah Kim Jong-il.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)