Apakah Ambisi Pangeran Mohammed bin Salman sebagai Mediator Perdamaian Ukraina dan Rusia Akan Berhasil?

Rabu, 28 Februari 2024 - 17:39 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, pada Senin, MBS juga bertemu dengan Ketua Duma Negara Rusia Vyacheslav Volodin, SPA melaporkan, menambahkan bahwa mereka telah membahas cara-cara untuk meningkatkan kerja sama parlemen dan “perkembangan yang menjadi perhatian bersama”.

Dalam beberapa tahun terakhir, MBS – pemimpin de facto Arab Saudi – telah mencapai perdamaian dengan Iran, mengupayakan perjanjian damai dengan pemberontak Houthi di Yaman dan juga menawarkan dirinya sebagai pemimpin dalam krisis lain di seluruh dunia.

Sebelumnya, pada Mei 2024, Zelenskyy melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk bertemu dengan para pemimpin Arab dan kemudian bertemu dengan MBS.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar – semuanya bertetangga di Semenanjung Arab – telah terlibat dalam pertukaran tahanan sejak perang pecah pada tahun 2022.

Kunjungan Zelensky pada Selasa (27/2/2024) terjadi ketika pasukan Kyiv perlahan-lahan dipukul mundur di Ukraina timur. Rusia memperoleh inisiatif ini karena keunggulan besarnya dalam jumlah pasukan dan pasokan senjata, kata para analis militer, sementara Kyiv menunggu berita mengenai ketentuan baru dari mitra Baratnya.

"Militer Ukraina mengatakan pada Selasa bahwa mereka telah menarik pasukannya dari dua desa lagi dekat Avdiivka di wilayah timur Donetsk setelah pertempuran sengit semalam," ungkap juru bicara militer Ukraina Dmytro Lykhovyi.

"Pasukan Ukraina telah mundur dari Sieverne dan Stepove," kata Dmytro Lykhovyi di televisi nasional. Kedua desa tersebut memiliki populasi total sekitar 100 orang sebelum invasi besar-besaran.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)