Mengapa Hong Kong Ingin Undang Undang Keamanan Nasional yang Baru?

Kamis, 01 Februari 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Kepala keamanan Chris Tang telah berulang kali mengatakan pemerintah memerlukan alat yang lebih baik untuk menangani spionase dan aktivitas agen asing di kota tersebut.

3. Berdampak pada Pengendalian di Internet

Mengapa Hong Kong Ingin Undang Undang Keamanan Nasional yang Baru?

Foto/Reuters

Melansir Rueters, dunia usaha termasuk bank asing, hedge fund dan operasi penelitian swasta, serta diplomat dan akademisi mengamati perkembangan ini dengan cermat. Beberapa orang khawatir bahwa RUU tersebut dapat menyebabkan pengendalian di internet atau berdampak pada pengoperasian data.

Dokumen konsultasi memang menciptakan pelanggaran sabotase baru berupa penggunaan komputer atau sistem elektronik secara tidak sah untuk membahayakan keamanan nasional.

Penelitian terhadap politik, ekonomi, dan militer China serta investigasi uji tuntas terhadap individu dan perusahaan di daratan China – yang biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan dan akademisi Hong Kong – dapat menyimpang ke dalam bidang kerahasiaan negara, menurut beberapa pihak.

Dokumen konsultasi tersebut menetapkan daftar rahasia negara di Hong Kong, termasuk rahasia ekonomi, ilmu pengetahuan, diplomatik dan sosial, namun dikatakan bahwa jika digolongkan seperti itu maka rahasia tersebut akan membahayakan keamanan nasional jika diungkapkan.

Simon Young, seorang profesor di fakultas hukum Universitas Hong Kong, mengatakan meskipun masih banyak hal yang belum diketahui, ia berpendapat bahwa undang-undang tersebut pada akhirnya akan mengadopsi definisi yang luas baik untuk organisasi politik asing maupun agen asing.

“Bisa jadi perusahaan atau kelompok yang memiliki hubungan dengan pemerintah asing mungkin tertangkap di sini,” kata Young.

Pemimpin Hong Kong John Lee mengatakan pada hari Selasa bahwa undang-undang tersebut akan memenuhi standar internasional dan melindungi hak dan kebebasan Hong Kong.

4. Mengikuti langkah China

Mengapa Hong Kong Ingin Undang Undang Keamanan Nasional yang Baru?

Foto/Reuters

Melansir Rueters, mencerminkan prioritas Presiden Xi Jinping, China memperbarui undang-undang rahasia negaranya pada tahun 2023, melarang transfer informasi apa pun terkait keamanan nasional dan memperluas definisi spionase. Beberapa analis mengatakan hal ini masih belum jelas.

Versi Hong Kong sendiri harus berurusan dengan rahasia negara tetapi dengan undang-undang yang sesuai dengan standar common law yang berbasis di Inggris, yang mana Hong Kong masih menjadi bagiannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)