Invasi Jadi Hobi, Ini Daftar Perang AS di Timur Tengah dari Masa ke Masa

Minggu, 14 Januari 2024 - 14:20 WIB
loading...
A A A
"Perang melawan ISIS" juga melibatkan kelompok lain, seperti al-Qaeda dan Front Al-Nusra. Serangan itu terjadi di wilayah Irak dan Suriah.

Serangan Amerika juga terjadi di berbagai belahan Timur Tengah dan Afrika, menurut daftar target yang ditetapkan Pentagon dan disetujui Gedung Putih.

Hal ini mengakibatkan serangan yang terjadi di Yaman, Somalia, dan wilayah lain di Timur Tengah dan Afrika Timur.

13. Perang di Yaman (2000–2023)


Serangan AS terhadap Yaman telah terjadi di bawah beberapa pemerintahan AS; George Walker Bush, Barack Obama, Donald Trump, dan Joe Biden, yang mengakibatkan ribuan orang terbunuh dan terluka.

Serangan AS sering kali terjadi melalui penggunaan program drone militer AS, dan sering kali dibenarkan sebagai bagian dari "perang melawan teror" AS, khususnya terhadap al-Qaeda.

Sebagian besar serangan terjadi pada masa pemerintahan Barack Obama dan Donald Trump.

14. Operation Prosperity Guardian (2023–sekarang)


Pada 18 Desember 2023, pemerintahan Biden meluncurkan apa yang disebut Operation Prosperity Guardian, dengan tujuan melindungi keselamatan kapal komersial di Laut Merah.

Pada 11 Januari, rancangan resolusi AS disetujui oleh Dewan Keamanan PBB, yang mengutuk kelompok Houthi Yaman, namun tanpa mengizinkan tindakan militer apa pun terhadap Yaman.

Pada 12 Januari, saat fajar, AS dan Inggris melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap sasaran-sasaran Yaman yang diklaim sebagai posisi Houthi.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)