Invasi Jadi Hobi, Ini Daftar Perang AS di Timur Tengah dari Masa ke Masa

Minggu, 14 Januari 2024 - 14:20 WIB
loading...
A A A
Perang tersebut mengakibatkan berdirinya banyak pangkalan militer AS di kawasan Teluk, dan menabur benih banyak intervensi dan konflik militer lainnya, yang terus dirasakan di seluruh kawasan hingga saat ini.

4.Operasi di Irak (1991–2003)


Setelah perang pertama di Irak, AS dan sekutunya telah membatasi wilayah geografis di bagian utara dan selatan negara itu sebagai zona larangan terbang, sehingga militer Irak tidak diizinkan beroperasi.

AS mengebom banyak sasaran di Irak, yang berujung pada Operation Desert Fox pada tahun 1998, dan akhirnya memicu perang besar lainnya di Irak pada tahun 2003.

5. Perang di Afganistan dan Sudan (1998)


Pemerintah Presiden Bill Clinton memerintahkan serangan udara besar-besaran terhadap sasaran di Afghanistan dan Sudan, dengan kedok memerangi terorisme.

Namun serangan-serangan tersebut, terutama dalam kasus Sudan, tampaknya menargetkan infrastruktur sipil, khususnya perusahaan farmasi terbesar di negara tersebut; Al-Shifa—sebuah peristiwa yang terbukti menjadi bencana dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Namun apa yang disebut Operation Infinite Reach pada bulan Agustus 1998 tampaknya dimotivasi oleh hal lain, yaitu pengalihan perhatian dari skandal seksual Bill Clinton di Gedung Putih, yang pada akhirnya berujung pada pemakzulannya.

6. Lagi, Operasi di Irak (1998)


Pada tahun yang sama, juga pemerintahan Bill Clinton melakukan apa yang disebut Operation Desert Fox, kampanye pengeboman selama empat hari terhadap Irak, yang berlangsung dari tanggal 16-19 Desember.

Seperti yang sering terjadi, Washington bergabung dengan London dalam perang yang singkat namun mematikan. Kedua negara mengeklaim bahwa Irak dihukum karena mengganggu pekerjaan inspektur Komisi Khusus PBB yang mencari senjata pemusnah massal.

Bertahun-tahun kemudian membuktikan bahwa Irak tidak memiliki senjata pemusnah massal. Serangan sporadis terhadap Irak berlanjut selama bertahun-tahun.

7. Perang di Afghanistan (2001–2021)

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0850 seconds (0.1#10.140)