8 Kelemahan China di Samudera Hindia yang Bisa Jadi Ancaman saat Terjadi Perang Taiwan

Jum'at, 15 Desember 2023 - 04:40 WIB
loading...
A A A
Namun, China telah mengambil beberapa pelajaran dari hal ini. Negara ini memiliki cadangan minyak mentah strategis dan komersial untuk jangka waktu sekitar 60 hari, menurut perusahaan analisis Vortexa dan Kpler. Cadangan minyak bumi sebagian disimpan di bawah tanah dan tidak dapat dilacak oleh satelit.

Negara ini mempunyai sedikit surplus gas alam namun menarik peningkatan volume dari jaringan pipa melalui Rusia, Asia Tengah dan Myanmar.

China sebagian besar melakukan swasembada gandum dan beras, dan memiliki persediaan keduanya dalam jumlah besar, meskipun jumlahnya tetap menjadi rahasia negara.

Pada tahun 2022, Komisi Tinjauan Ekonomi dan Keamanan AS-China di Washington meminta Pentagon membuat laporan rahasia mengenai persyaratan militer untuk memblokade pengiriman energi China, yang rinciannya tidak dilaporkan sebelumnya.

“Laporan tersebut juga harus mempertimbangkan sejauh mana China dapat memenuhi kebutuhan energinya selama krisis atau konflik melalui penimbunan, dengan menjatah pasokan, dan dengan mengandalkan pengiriman melalui darat,” kata komisi tersebut.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)