8 Kelemahan China di Samudera Hindia yang Bisa Jadi Ancaman saat Terjadi Perang Taiwan

Jum'at, 15 Desember 2023 - 04:40 WIB
loading...
A A A
Makanan adalah gambaran yang lebih kompleks. Kedelai impor dari China – yang digunakan untuk pakan ternak – dikirim sebagian melalui Samudera Hindia, namun komoditas lain seperti kalium, yang diperlukan untuk pupuk, tiba melalui rute lain.

China memiliki jaringan satelit militer yang luas namun hanya memiliki satu pangkalan militer khusus, dan tidak ada perlindungan udara dari darat atau laut, untuk penempatan angkatan laut di Samudera Hindia.

4. Masih Memiliki Sedikit Pangkalan Militer

8 Kelemahan China di Samudera Hindia yang Bisa Jadi Ancaman saat Terjadi Perang Taiwan

Foto/Reuters

Dalam laporan tahunan militer China pada bulan Oktober, Pentagon mencantumkan 11 potensi pangkalan China di pinggiran lautan, termasuk Pakistan, Tanzania, dan Sri Lanka. Lokasi-lokasi tersebut mencerminkan jangkauan diplomatik dan komersial China di bawah Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan yang dicanangkan Xi.

Namun hal ini belum muncul sebagai aset militer ketiga, yang tidak memiliki kehadiran permanen PLA atau jaminan akses yang diketahui publik dalam suatu konflik.

Laporan Pentagon mencatat, dalam bahasa yang digunakan untuk pertama kalinya tahun ini, bahwa China masih “memiliki sedikit kemampuan memproyeksikan kekuatan” di Samudera Hindia.

Pangkalan awal China di luar negeri di Djibouti, di tepi barat laut, dibuka pada tahun 2017 dan menampung 400 marinir, yang mencerminkan keterlibatan China dalam patroli pembajakan internasional di sekitar Tanduk Afrika sejak tahun 2008.

Namun pangkalan tersebut tidak memiliki lapangan terbang dan diapit oleh fasilitas militer tujuh negara lain, termasuk AS, Prancis, dan Inggris.

Kehadiran AS di Samudera Hindia masih sangat kontras, yang mencerminkan peningkatan Perang Dingin.

Armada ke-5 AS bermarkas di Bahrain, sedangkan Armada ke-7 yang bermarkas di Jepang beroperasi di Diego Garcia, sebuah atol yang dikelola Inggris dengan landasan pacu untuk pembom jarak jauh dan laguna yang disesuaikan untuk menampung kapal induk AS.

Di sebelah timur, Australia meningkatkan patroli dengan menggunakan pesawat pemburu kapal selam P-8 Poseidon dan memperluas pangkalan di pantai barat untuk kapal selam bertenaga nuklir Inggris dan A.S. dan, pada akhirnya, kapal bertenaga nuklir Australia.

5. Belum Teruji di Samudera Hindia

8 Kelemahan China di Samudera Hindia yang Bisa Jadi Ancaman saat Terjadi Perang Taiwan

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)