Sosok Eks Menlu AS Henry Kissinger yang Meninggal Dunia, Dulu Pernah Ramal Kehancuran Israel

Kamis, 30 November 2023 - 11:37 WIB
loading...
A A A
Salah satu yang cukup menarik adalah terlibat dalam perundingan damai dengan Le Duc Tho dari Vietnam Utara. Atas usaha resolusi konflik Vietnam yang nyata itu, Kissinger bahkan dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian 1973.

Pernah Ramal Kehancuran Israel


Terlepas dari banyaknya orang yang memuji kecerdasan dan pengalaman Henry Kissinger, tak sedikit juga yang mencapnya sebagai penjahat perang atas dukungannya terhadap kediktatoran anti-komunis, khususnya di Amerika Latin. Beberapa kali, ia juga kerap melontarkan pandangan-pandangan yang menimbulkan kontroversi di kemudian hari.

Pada 2012, Kissinger pernah membuat pernyataan yang terbilang mengejutkan. Ia menyebut bahwa Israel akan lenyap pada 2022.

Terkait alasannya, Kissinger mendasarkan pandangannya terhadap sebuah studi yang dilakukan oleh Komunitas Intelijen AS (IC) berjudul "Mempersiapkan Timur Tengah Pasca-Israel,".

Pada salah satu keterangannya, studi tersebut memuat isi laporan IC yang menguatkan pendapatnya tentang Israel. Dalam hal ini, Israel dikatakan tidak akan mampu bertahan terus seiring munculnya dukungan solid terhadap Palestina dari negara-negara Islam.

Berkaitan dengan Amerika Serikat selaku sekutu dekatnya, Kissinger menganggap Washington juga tidak bisa selalu menyokong Israel dari gempuran negara-negara tetangganya. Maka dari itu, ada kemungkinan kehancuran Israel di kemudian hari mendatang.

Demikian ulasan mengenai sosok Henry Kissinger, eks Menlu AS yang meninggal dunia di usia 100 tahun.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)