Sosok Eks Menlu AS Henry Kissinger yang Meninggal Dunia, Dulu Pernah Ramal Kehancuran Israel

Kamis, 30 November 2023 - 11:37 WIB
loading...
Sosok Eks Menlu AS Henry Kissinger yang Meninggal Dunia, Dulu Pernah Ramal Kehancuran Israel
Mantan Menlu AS Henry Kissinger meninggal dunia pada usia 100 tahun. Foto/The Times of Israel
A A A
JAKARTA - Henry Kissinger dikabarkan meninggal dunia pada Rabu, (29/11/2023) waktu setempat. Ia merupakan mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat yang pernah menjabat pada 1973-1977.

Menurut laporan Reuters, Kissinger meninggal pada usia 100 tahun di rumahnya yang berada di Connecticut. Lebih lanjut, ia akan dimakamkan pada upacara keluarga pribadi terlebih dahulu.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Henry Kissinger ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak ulasannya berikut.

Sosok Henry Kissinger


Henry Alfred Kissinger dulunya dikenal sebagai diplomat dan politisi tersohor asal Amerika Serikat. Pada sepak terjangnya, ia diketahui cukup dikenal oleh kalangan dunia internasional.

Mengutip Britannica, Kissinger lahir di Jerman, 27 Mei 1923. Ia merupakan putra dari pasangan Louis Kissinger dan Paula yang diketahui sebagai penganut Yahudi Jerman.

Saat era penindasan Nazi, keluarganya turut menjadi korban. Hal ini membuat mereka terpaksa pindah ke AS pada 1943.

Pasca beralih menjadi warga Amerika Serikat, Kissinger bertugas di Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II. Bersama kemampuan bahasa Jerman yang dimiliki, ia juga ditunjuk sebagai penerjemah.

Lepas dari dinas militer, Kissinger sempat berkuliah di Universitas Harvard. Meraih gelar BA pada 1950 dan Ph.D pada 1954, ia kemudian menjadi bagian dari akademisi Universitas Harvard.

Seiring waktu, Kissinger mulai menjajaki profesi sebagai konsultan masalah keamanan. Tercatat, ia pernah bekerja untuk sejumlah lembaga AS yang mencakup era pemerintahan Presiden Dwight D Eisenhower, John F Kennedy, hingga Lyndon B Johnson.

Pada 1969, Presiden Richard Nixon menunjuknya sebagai penasihat keamanan nasional. Beberapa tahun berselang, Kissinger mendapat peran lain sebagai Sekretaris Negara.

Menariknya, Kissinger diketahui menjadi Sekretaris Negara AS pertama yang berasal dari negeri asing. Sepanjang tugasnya, ia sudah banyak mencatatkan prestasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)