alexa snippet

Demonstrasi Warnai Kunjungan Trump ke Filipina

Demonstrasi Warnai Kunjungan Trump ke Filipina
Demonstran membakar sebuah patung kertas raksasa Trump untuk memprotes apa yang mereka sebut imperialisme Amerika. Foto/Reuters
A+ A-
MANILA - Ribuan orang memenuhi jalanan ibukota Filipina, Manila, untuk memprotes kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Pemimpin AS itu datang ke Manila untuk menghadiri KTT ASEAN.

Para demonstran tersebut meneriakan slogan anti-Trump dan juga Amerika. Mereka bahkan membakar sebuah patung kertas raksasa Trump untuk memprotes apa yang mereka sebut "imperialisme Amerika".

Melansir Sputnik pada Senin (13/11), patung Trump, yang tingginya beberapa meter dipasang di roda pemintal yang menyerupai swastika Nazi, memegang rudal nuklir, buldoser, sekantong dolar AS dan sebuah pistol. 

Renato Reyes, Sekretaris Jenderal Aliansi Patriotik Baru yang mengorganisir demonstrasi mengatakan, pihaknya akan melanjutkan aksi di depan gedung tempat berlangsungnya KTT ASEAN, yang berada di pusat Manila.

Menurut laporan media lokal, polisi mencoba membubarkan para pemrotes dengan meriam air, yang menyebabkan beberapa pemrotes terluka. Reyes memperkirakan sekitar 3.000 orang ambil bagian dalam demonstrasi melawan Trump.

Sementara itu, pemerintah Filipina dilaporkan telah memobilisasi lebih dari 60 ribu personel keamanan, polisi dan tentara untuk menjamin keamanan KTT yang berlangsung tahunan tersebut.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top