Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 21:50 WIB
loading...
A A A
Kremlin melihat peluang di sini untuk melakukan apa yang sudah banyak dilakukannya – menyalahkan Amerika.

Sejak serangan Hamas terhadap Israel, pesan utama Vladimir Putin adalah bahwa "ini adalah contoh kegagalan kebijakan Amerika Serikat di Timur Tengah".

Hal ini sesuai dengan pola umum serangan Moskow terhadap apa yang mereka sebut sebagai “hegemoni AS”.

Dan menggambarkan Amerika sebagai pelaku utama di Timur Tengah adalah cara Kremlin untuk memperkuat posisi Rusia di wilayah tersebut dengan mengorbankan Washington.

Sejauh ini saya telah membahas potensi manfaat bagi Rusia dari peristiwa di Timur Tengah. Tapi ada bahayanya juga.

“Ketidakstabilan yang dikalibrasi dengan hati-hati adalah hal yang paling bermanfaat bagi Rusia,” yakin Hanna Notte.

“Jika krisis ini mengalihkan perhatian dari Ukraina – dan ada risiko nyata, mengingat pentingnya Israel dalam konteks politik dalam negeri AS – ya, Rusia bisa menjadi penerima manfaat jangka pendek.”

Namun Rusia tidak akan mendapatkan keuntungan dari perang yang melibatkan wilayah yang lebih luas, termasuk Iran yang menyediakan senjata dan pendanaan untuk Hamas, kata Notte.

“Rusia tidak menginginkan perang besar-besaran antara Israel dan Iran. Jika keadaan mengarah ke sana, dan menjadi jelas bahwa Amerika akan mengambil tindakan keras di pihak Israel, saya pikir Rusia tidak punya pilihan selain semakin memihak Iran. Saya tidak yakin ia menginginkannya.

"Saya kira Putin masih menghargai hubungannya dengan Israel. Saya kira diplomasi Rusia tidak ingin mengambil posisi di mana mereka harus memihak. Namun semakin besar konflik ini, semakin besar pula tekanan yang mereka rasakan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)