Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 21:50 WIB
loading...
Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin sangat diuntungkan dengan memanasnya Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sangat menggoda untuk melihat Vladimir Putin sebagai penjahat gaya James Bond yang duduk di panel kendali raksasa, di tempat persembunyian di gunung, menyebarkan kekacauan di seluruh dunia.

Dia menekan satu tombol dan terjadilah kerusuhan di Balkan.

Dia menekan yang lain dan Timur Tengah meledak.

Ini menggoda… tapi mungkin tidak akurat. Hal ini membesar-besarkan pengaruh global pemimpin Kremlin tersebut.

Ya, Rusia mempunyai hubungan dengan Hamas dan telah menjadi sekutu dekat Iran. Menurut AS, Moskow dan Teheran kini memiliki kemitraan pertahanan penuh.

Namun hal itu tidak berarti Moskow terlibat langsung atau mengetahui sebelumnya mengenai serangan Hamas terhadap Israel.

“Kami tidak percaya bahwa Rusia terlibat dalam hal apa pun,” kata duta besar Israel untuk Moskow, Alexander Ben Zvi, kepada surat kabar Kommersant minggu ini. Dia menambahkan bahwa “sangat tidak masuk akal” untuk menyatakan bahwa ada hubungan Rusia dengan serangan yang dilakukan oleh Hamas di Israel.

“Saya belum melihat adanya bukti adanya pasokan senjata Rusia langsung ke Hamas, atau adanya pelatihan militer Rusia terhadap agen Hamas,” kata Hanna Notte, pakar Rusia dan Timur Tengah di James Martin Center for Nonproliferation Studies yang berbasis di Berlin.

“Benar bahwa Rusia memiliki hubungan yang lama dengan Hamas. Rusia tidak pernah menyatakan Hamas sebagai organisasi teroris. Delegasi Hamas berada di Moskow tahun lalu dan tahun ini.

“Tetapi saya tidak menyimpulkan bahwa ada dukungan militer yang luas. Meskipun kita tahu bahwa sistem buatan Rusia berhasil masuk ke Jalur Gaza, mungkin melalui Sinai [di Mesir] dan dengan bantuan Iran.”

Dengan kata lain, Presiden Putin tidak menekan tombol bertanda "Perang Timur Tengah".

Tapi apakah dia siap mengambil keuntungan?

Sangat. Dan inilah caranya.

Apa Keuntungan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan memanasnya konflik Gaza melawan Israel?

1. Mengalihkan Dunia dari Perang di Ukraina

Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin

Foto/Reuters

Dengan meningkatnya kekerasan di Timur Tengah yang mendominasi agenda berita internasional, Moskow mengandalkan berita utama dramatis dari Israel untuk mengalihkan perhatian dari perang Rusia di Ukraina.

Tapi ini lebih dari sekedar mengubah siklus berita. Pihak berwenang Rusia juga berharap, sebagai akibat dari situasi di Timur Tengah, sejumlah pasokan senjata Barat ke Ukraina akan dialihkan ke Israel.

“Saya yakin krisis ini akan secara langsung mempengaruhi jalannya operasi militer khusus [di Ukraina],” kata diplomat Rusia Konstantin Gavrilov kepada surat kabar pro-Kremlin Izvestia.

“Para sponsor Ukraina akan terganggu oleh konflik di Israel. Hal ini tidak berarti bahwa negara-negara Barat akan meninggalkan Ukraina. Namun jumlah bantuan militer akan berkurang….dan jalannya operasi mungkin akan sangat menguntungkan [Rusia]. "


2. Menguji Kemampuan AS

Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin

Foto/Reuters

“Kami dapat dan akan mendukung Israel, sama seperti kami mendukung Ukraina,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada pertemuan para menteri pertahanan NATO, dilansir BBC.

Namun konflik yang berkepanjangan di Timur Tengah akan menguji kemampuan Amerika untuk secara bersamaan mendukung dua sekutu dalam dua perang terpisah.

3. Menjadikan Rusia sebagai Mediator

Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin

Foto/Reuters

Rusia sedang mencoba untuk meningkatkan perannya di Timur Tengah dengan menyebut dirinya sebagai pembawa perdamaian yang potensial.

Mereka telah memainkan peran tersebut sebelumnya, dan bergabung dalam upaya internasional di masa lalu untuk mengakhiri konflik di wilayah tersebut.

“Rusia dapat dan akan memainkan peran dalam resolusi [konflik],” kata juru bicara Presiden Putin Dmitry Peskov. “Kami menjaga kontak dengan pihak-pihak yang berkonflik.”

Dalam kunjungannya ke Moskow pekan ini, perdana menteri Irak meminta Presiden Putin untuk "mengumumkan inisiatif gencatan senjata nyata" di wilayah tersebut.

4. Mewujudkan Citra Rusia sebagai Negara yang Mendorong Perdamaian

Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin

Foto/Reuters

Bagaimanapun, ini adalah negara yang melancarkan invasi besar-besaran terhadap tetangganya. Setelah hampir 20 bulan, perang Rusia di Ukraina telah menyebabkan kematian dan kehancuran dalam skala yang mengejutkan dunia.

Selain itu, mengatakan bahwa Anda “dapat dan akan berperan” dalam mencapai perdamaian tidak menjamin bahwa mereka yang terlibat dalam konflik akan menerima Anda sebagai mediator.

Moskow telah lama memiliki ketertarikan terhadap Timur Tengah, dimana Uni Soviet mengambil posisi pro-Arab ketika Israel menjalin ikatan yang erat dengan Amerika. Selama bertahun-tahun antisemitisme yang disponsori negara merupakan ciri kehidupan Soviet.

Setelah pecahnya kekaisaran Soviet, hubungan Rusia dengan Israel membaik, sebagian karena masuknya lebih dari satu juta orang Yahudi ke Israel dari bekas republik Soviet.

Namun baru-baru ini Rusia di bawah kepemimpinan Vladimir Putin semakin dekat dengan musuh-musuh Israel, khususnya Iran – sehingga membuat hubungan Rusia-Israel menjadi tegang.


5. Memiliki Peluang Menyalahkan AS

Siapa yang Paling Diuntungkan dengan Perang Hamas-Israel? Dia Adalah Vladimir Putin

Foto/Reuters

Kremlin melihat peluang di sini untuk melakukan apa yang sudah banyak dilakukannya – menyalahkan Amerika.

Sejak serangan Hamas terhadap Israel, pesan utama Vladimir Putin adalah bahwa "ini adalah contoh kegagalan kebijakan Amerika Serikat di Timur Tengah".

Hal ini sesuai dengan pola umum serangan Moskow terhadap apa yang mereka sebut sebagai “hegemoni AS”.

Dan menggambarkan Amerika sebagai pelaku utama di Timur Tengah adalah cara Kremlin untuk memperkuat posisi Rusia di wilayah tersebut dengan mengorbankan Washington.

Sejauh ini saya telah membahas potensi manfaat bagi Rusia dari peristiwa di Timur Tengah. Tapi ada bahayanya juga.

“Ketidakstabilan yang dikalibrasi dengan hati-hati adalah hal yang paling bermanfaat bagi Rusia,” yakin Hanna Notte.

“Jika krisis ini mengalihkan perhatian dari Ukraina – dan ada risiko nyata, mengingat pentingnya Israel dalam konteks politik dalam negeri AS – ya, Rusia bisa menjadi penerima manfaat jangka pendek.”

Namun Rusia tidak akan mendapatkan keuntungan dari perang yang melibatkan wilayah yang lebih luas, termasuk Iran yang menyediakan senjata dan pendanaan untuk Hamas, kata Notte.

“Rusia tidak menginginkan perang besar-besaran antara Israel dan Iran. Jika keadaan mengarah ke sana, dan menjadi jelas bahwa Amerika akan mengambil tindakan keras di pihak Israel, saya pikir Rusia tidak punya pilihan selain semakin memihak Iran. Saya tidak yakin ia menginginkannya.

"Saya kira Putin masih menghargai hubungannya dengan Israel. Saya kira diplomasi Rusia tidak ingin mengambil posisi di mana mereka harus memihak. Namun semakin besar konflik ini, semakin besar pula tekanan yang mereka rasakan."
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)