10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan

Sabtu, 30 September 2023 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Beberapa hak yang digariskan dalam Konstitusi Belanda antara lain: kebebasan berekspresi; hak atas privasi; hak untuk memilih dan mencalonkan diri dalam pemilu; dan hak atas perlakuan yang sama.

Tahukah kamu?

Konstitusi Kerajaan Belanda sebenarnya hanyalah dokumen terpenting kedua di negara tersebut. Hal ini tunduk pada Piagam Kerajaan Belanda, yang mengatur hubungan konstitusional antara berbagai negara bagian yang membentuk Kerajaan (Belanda, Curaçao, St Maarten, dan Aruba).

7. Konstitusi Norwegia

10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan

Foto/The Oldest

Tanggal Disahkan: 17 Mei 1814

Terakhir Diubah: 13 Mei 2014

Penulis: Majelis Konstituante Norwegia

Tipe Pemerintahan: Monarki konstitusional parlementer kesatuan

Konstitusi Norwegia atau Kongeriget Norges Grundlov diadopsi pada 17 Mei 1814 dan merupakan salah satu konstitusi tertua di dunia.

Mirip dengan Konstitusi AS, Konstitusi Norwegia didasarkan pada prinsip-prinsip: kedaulatan rakyat; pemisahan kekuasaan; dan hak asasi manusia.

Konstitusi Norwegia juga menetapkan tiga cabang pemerintahan yang berbeda: Kekuasaan legislatif, anggaran dan pengawasan berada di tangan Storting; Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Raja dan Dewan; dan Kekuasaan kehakiman dipegang oleh Mahkamah Agung, pengadilan di bawahnya, dan Pengadilan Pemakzulan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)