10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan

Sabtu, 30 September 2023 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Undang-Undang Konstitusi tidak hanya menguraikan demokrasi Denmark, tetapi juga menetapkan hak dan kewajiban setiap warga negara, seperti kebebasan berbicara, kebebasan beragama, dan wajib militer.

Tahukah kamu?

Denmark berpindah dari monarki absolut ke monarki konstitusional setelah Raja Christian VIII — sebelum dia meninggal — memerintahkan putranya, Frederik VII untuk menjanjikan konstitusi baru kepada rakyat Denmark yang menjamin kebebasan dan kesetaraan serta mencegah siapa pun memiliki kekuasaan tak terbatas.

3. Konstitusi Federal Swiss

10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan

Foto/The Oldest

Tanggal Disahkan: 12 September 1848

Terakhir Diubah: 8 Mei 2014

Penulis: Majelis Federal

Tipe Pemerintahan: Demokrasi semi-langsung federal di bawah republik direktur independen yang terdiri dari majelis multi-partai

Konstitusi Federal Swiss pertama kali ditulis pada 12 September 1848 dan membentuk Negara Federal Swiss. Swiss sangat dipengaruhi oleh Konstitusi Amerika Serikat serta cita-cita Revolusi Perancis.

Untuk menyusun Konstitusi Federal Swiss, dibentuklah Federal Aseembly, sebuah majelis bikameral yang terdiri dari Dewan Nasional dan Dewan Negara.

Selain itu, Konstitusi Federal Swiss memberikan warga negaranya deklarasi hak-hak dasar individu, pemerintah federal, dan pengadilan federal.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)