10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan

Sabtu, 30 September 2023 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Sejak awal, Konstitusi Norwegia mengakui hak asasi manusia mendasar yang telah diupayakan untuk dijunjung oleh negara ini. Faktanya, orang Norwegia adalah salah satu orang paling bahagia dan sejahtera di dunia.

Tahukah kamu?

Meskipun Konstitusi Norwegia selalu membahas hak asasi manusia, pada 13 Mei 2014, serangkaian pasal tentang hak asasi manusia ditambahkan ke dalam Konstitusi.

8. Konstitusi Republik Polandia

10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan

Foto/The Oldest

Tanggal Disahkan: 3 Mei 1791

Terakhir Diubah: 21 Oktober 2009

Penulis: Historis – Ignacy Potocki, Hugo Kołłątaj, Raja Stanisław August Poniatowski, Stanisław Małachowski, Stanisław Staszic, dan Scipione Piattoli; Modern – Komisja Konstytucyjna dan Zgromadzenia Narodowego

Tipe Pemerintahan: Republik konstitusional semi-presidensial kesatuan

Meskipun Konstitusi San Marino secara teknis lebih tua, secara umum dianggap sebagai konstitusi modern tertua kedua di dunia dan tertua di Eropa. (Sekali lagi, alasan mengapa Konstitusi Polandia berada di urutan ketiga dalam daftar ini adalah karena kami memasukkan San Marino ke dalam daftar ini meskipun beberapa bagian dari konstitusinya tidak dikodifikasi.)

Konstitusi tahun 1791 bertujuan untuk membentuk monarki konstitusional yang lebih efektif, yang memiliki pembagian kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang jelas.

Konstitusi selanjutnya mengambil inspirasi dari gagasan dalam Konstitusi 3 Mei 1791. Konstitusi modern Polandia diberlakukan pada tahun 1997 dan terakhir diubah pada tahun 2009.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0816 seconds (0.1#10.140)