10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan

Sabtu, 30 September 2023 - 17:30 WIB
loading...
10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan
Konstitusi Amerika Serikat menjadi rujukan di berbagai negara. Foto/The Oldest
A A A
LONDON - Secara umum, semua konstitusi pada dasarnya sama. Konstitusi menguraikan sistem hukum suatu negara dan juga merinci hak-hak warga negaranya.

Banyak konstitusi dunia yang awalnya ditulis beberapa abad yang lalu, namun telah diubah selama bertahun-tahun bila diperlukan.

Berikut adalah 10 konstitusi tertua di dunia yang terus digunakan dengan banyak revisi dan amandemen sejak pertama kali ditulis.

1. Konstitusi Kanada

10 Konstitusi Tertua di Dunia, Nomor 9 Jadi Rujukan di Berbagai Pemerintahan

Foto/The Oldest

Tanggal Disahkan: 1 Juli 1867

Terakhir Diubah: 1982

Penulis: Konfederasi Kanada

Tipe Pemerintahan: Monarki Konstitusional Parlementer Federal

Melansir The Oldest, Konstitusi Kanada ditulis pada tahun 1867 sebagai British North America Act. Tahun ini juga merupakan hari kelahiran Kanada, yang didirikan ketika empat koloni Inggris di Amerika Utara memutuskan untuk bersatu dan membentuk satu konfederasi dengan pemerintahan sendiri di bawah Kerajaan Inggris.

Meskipun Kanada adalah negara dengan pemerintahan sendiri, Kanada masih tetap menjadi negara Persemakmuran Inggris hingga saat ini.

Konstitusi Kanada menguraikan sistem pemerintahan negara tersebut, termasuk struktur Parlemen, cara kerja pemilu, peran monarki, dan pembagian kekuasaan antara pemerintah federal dan provinsi.

Konstitusi terakhir diperbarui pada tahun 1982, yang mencakup bagian panjang yang dikenal sebagai Piagam Hak dan Kebebasan Kanada, yang menguraikan hak-hak sipil setiap warga negara Kanada. Undang-undang tahun 1982 juga menjelaskan proses perubahan undang-undang konstitusi.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)