Bantu Ukraina, Tujuh Negara Pesan Amunisi Lewat Skema UE

Sabtu, 30 September 2023 - 07:14 WIB
loading...
A A A
Kementerian Pertahanan Luksemburg mengatakan pihaknya telah mengalokasikan dana sebesar 2 juta euro atau sekitar Rp32,8 miliar.

EDA mengatakan kesepakatan UE ditujukan untuk amunisi lengkap dan komponen seperti sekering, proyektil, muatan, dan primer.



Dikatakan bahwa skema tersebut mencakup empat platform penembakan modern yang dirancang dan diproduksi di Eropa dan paling umum digunakan oleh angkatan bersenjata Ukraina, seperti CAESAR Perancis, Krab Polandia, PzH2000 Jerman dan Zuzana C/2000 Slovakia.

Dengan melakukan pemesanan sebelum akhir bulan ini, negara-negara tersebut berhak mendapatkan penggantian dari dana yang dikelola Uni Eropa, Fasilitas Perdamaian Eropa, untuk pembelian amunisi untuk Ukraina – meskipun Luksemburg mengatakan pihaknya tidak akan meminta hal tersebut.

Sekutu Barat di Kiev telah berupaya keras untuk mendapatkan amunisi artileri bagi Ukraina dan meningkatkan kapasitas produksi karena para pejuang telah menembakkan ribuan peluru setiap hari.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan di Kiev pada hari Kamis bahwa aliansi tersebut sekarang memiliki kerangka kontrak menyeluruh untuk amunisi utama senilai 2,4 miliar euro (Rp39 triliun), termasuk pesanan pasti sebesar 1 miliar euro (Rp16 triliun).

“Itu… tidak cukup hanya dengan menghabiskan persediaan kita sendiri,” katanya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)