Penasihat Zelensky: Ukraina Serang Crimea Terus-menerus, Rusia Panik

Jum'at, 29 September 2023 - 07:59 WIB
loading...
Penasihat Zelensky: Ukraina Serang Crimea Terus-menerus, Rusia Panik
Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mykhailo Podolyak, sebut serangan terus-menerus terhadap Crimea telah menebarkan kepanikan di pihak Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mykhailo Podolyak, mengatakan serangan terus-menerus yang dilakukan Kyiv terhadap target militer Moskow di Crimea telah menebarkan kepanikan di pihak Rusia.

Komentar Podolyak muncul setelah serangkaian serangan di Crimea menjadi berita utama media-media internasional. Rentetan serangan itu telah memicu kemarahan dan kekhawatiran di kalangan media Kremlin.

Ukraina mengatakan bahwa serangan rudal terhadap markas besar Armada Laut Hitam Rusia pada 22 September menewaskan puluhan perwira, termasuk komandan armada Laksamana Viktor Sokolov, meskipun kemunculannya di televisi Rusia sejak saat itu menimbulkan keraguan mengenai hal ini.

Setelah serangan terbaru terhadap jantung Angkatan Laut Rusia di Crimea, Podolyak mengatakan kepada stasiun televisi Ukraina bahwa serangan tersebut berdampak pada mereka yang tinggal di Crimea.



Menurutnya, merebut kembali crimea merupakan tujuan perang yang dinyatakan di Kyiv.

“Federasi Rusia berada dalam kepanikan seumur hidup, itulah sebabnya mereka mengancam semua orang,” katanya, seperti dikutip dari surat kabar Pravda, Jumat (29/9/2023).

“Untuk mengimbangi kepanikan mereka, mereka selalu mengatakan bahwa kami akan pergi ke suatu tempat, melakukan sesuatu, dan segera," lanjut Podolyak.

Dia mengatakan bahwa warga Rusia yang tinggal di Crimea kini hidup di bawah ekspektasi akan adanya sirene yang menandakan serangan akan segera terjadi, yang menciptakan perasaan bahwa wilayah udara mereka tidak lagi dikendalikan oleh Moskow.

Pada 23 Agustus, rudal Ukraina menghantam sistem rudal S-400 di Olenivka, sementara pada 13 September, serangan Ukraina, yang disebut menggunakan rudal Storm Shadow pasokan Inggris, merusak dua kapal perang Rusia di Pangkalan Angkatan Laut Sevastopol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)